Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Fenomena Pergerakan Tanah di Bandung Barat, 4 Rumah Rusak dan 1 Gedung Sekolah

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Fenomena Pergerakan Tanah di Bandung Barat, 4 Rumah Rusak dan 1 Gedung Sekolah.
Fenomena Pergerakan Tanah di Bandung Barat, 4 Rumah Rusak dan 1 Gedung Sekolah.

Yan mengatakan, menindaklanjuti kejadian di Desa Cibedug tersebut, pihaknya bersama forum koordinasi pimpinan kecamatan bersama Bupati Kabupaten Bandung Barat berencana akan mengupayakan merelokasi warga yang terdampak ke tempat yang lebih aman.

Namun, hal tersebut tengah dalam proses persiapan mulai dari kajian hingga koordinasi lintas instansi.

Diharapkan, dengan adanya kajian tersebut dapat diketahui luasan area yang berpotensi terdampak dan rumah warga yang perlu direlokasi.

“Ke depannya Pak Bupati minta dari hasil rapat kemarin ada relokasi, harapannya ada pembangunan rumah tinggal tapi nanti akan ada kajian terlebih dahulu (dari BNPB-PVMBG), karena memang melihat kondisi tanahnya itu sangat membahayakan.

Baca Juga:  Jelang Pengadaan CPNS Tahun 2024, MenPAN RB Gelar Jumpa Pers Umumkan Jumlah Kebutuhan

Ke depan kita lihat apakah hunian sementara (huntara) dulu atau bagaimana,” jelas Yan.

Saat ini, menyusul kejadian pergerakan tanah dan longsornya tanah di permukiman warga ini, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat telah menetapkan status tanggap darurat.

Selain itu, BPBD Kabupaten Barat juga telah mendistribusikan bantuan logistik berupa permakanan untuk mendukung dapur umum serta perlengkapan lain, seperti alas tidur, selimut dan perlengkapan mandi.

“Surat Keputusan (SK) darurat kami sedang proses, itu berlaku sejak 29 Februari kemarin sampai 14 hari ke depan, kami juga sudah melayangkan surat ke Badan Geologi untuk dilakukan pengkajian,” pungkas Yan.***


Powered By NusaCloudHost