Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Lewotobi Laki-Laki, Kepala BNPB Tambah Dukungan DSP Rp250 Juta

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Lewotobi Laki-Laki, Kepala BNPB Tambah Dukungan DSP Rp250 Juta.
Foto. Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Lewotobi Laki-Laki, Kepala BNPB Tambah Dukungan DSP Rp250 Juta.

Flotim, KupangBerita.com, – Tinjau lokasi terdampak erupsi gunungapi Lewotobi Laki-laki, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menambah dukungan Dana Siap Pakai (DSP) senilai 250 juta kepada Pemerintah Kabupaten Flores Timur untuk seluruh operasional percepatan penanganan darurat erupsi gunungapi Lewotobi Laki-Laki.

Dukungan DSP tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto S.Sos., M.M. kepada Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi, di sela Rapat Koordinasi Penanganan Darurat Bencana Alam Erupsi Gunungapi Lewotobi Laki-Laki di aula kantor Bupati Flores Timur, Selasa (30/1).

Dukungan DSP dari BNPB merupakan kali kedua diserahkan kepada pemerintah daerah setempat menyusul adanya peningkatan status gunungapi Lewotobi Laki-Laki dari level III ‘Siaga’ menjadi level IV atau ‘Awas’ yang kemudian berdampak kepada kehidupan dan penghidupan masyarakat.

Baca Juga:  Polemik di Desa Sillu, Kecamatan Fatuleu, Direktur CIS TIMOR Angkat Bicara

Dukungan yang kedua ini diberikan sekaligus untuk melengkapi segala hal yang masih dibutuhkan selama masa tanggap darurat berlangsung.

Suharyanto, memastikan Dana DSP ini langsung dapat digunakan dan tidak menunggu proses pencairan.

“Pemerintah Pusat melalui BNPB membantu lagi. Kita sudah kedua kali kesini. Yang kedua kali ini kami membawa lebih lengkap lagi kebutuhan dasar yang dibutuhkan di lapangan,” jelas Suharyanto.

“Waktu kemarin kami memberikan anggaran 250 juta sekarang ditambah lagi 250 juta yang langsung bisa digunakan. Perhari ini cair,” tambahnya.

Di samping itu, Kepala BNPB juga menyerahkan 18 jenis logistik dan peralatan yang meliputi makanan siap saji 3.000 paket, tenda pengungsi 10 set, tenda keluarga 15 set, velbed 500 unit, genset listrik 5 unit, tower lampu 10 unit, sembako 3.000 paket, hygiene kit 3.000 paket, kasur lipat 3.000 buah, matras 3.000 lembar, selimut 3.000 lembar, biskuit protein 1.000 paket, susu bayi 300 paket, bubur bayi 300 paket, pakaian wanita 500 paket, air mineral 3.000 dus, dan sabun cair 3.000 botol.

Baca Juga:  Naas, Pria di NTT Tewas Tercebur ke Sumur saat Hendak Selamatkan Ayam

Kunjungi Warga Pengungsi

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala BNPB menyempatkan diri melihat kondisi pengungsian warga yang berada di SD Katholik Konga.

Di posko pengungsian itu sebanyak 1.779 jiwa menempati tenda darurat yang didirikan oleh lintas instansi terkait.

Kepala BNPB menyempatkan diri berdialog dengan beberapa warga pengungsi.


Powered By NusaCloudHost