Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Waspada! Bupati Kupang Tetapkan Status Waspada Bencana Kekeringan di 4 Kecamatan

Avatar photo
Foto. Ilustrasi ancaman kekeringan.
Foto. Ilustrasi ancaman kekeringan.

Kedua, semua sumber air yang ada agar dipelihara dengan baik dengan cara tidak menebang pohon yang berada di sekitar sumber air.

“Sebab adanya pohon tersebut, membuat air yang ada di dalam tanah bisa terserap oleh pohon dan menjaga sumber air tetap ada.

Ketiga, masyarakat bisa mengembalikan daerah resapan air dengan cara menanam pohon dengan tujuan jangka panjang mengembalikan ekosistem daerah tangkapan air.

Apabila 4 kecamatan tersebut atau kecamatan lain masuk kategori awas bencana kekeringan maka langkah tanggap darurat yang dilakukan adalah dengan menyediakan kebutuhan air bersih bagi masyarakat,”kata Masneno.

Baca Juga:  Mahasiswa Universitas Widya Mandira Kupang Tersesat di Gunung Fatuleu Akhirnya Ditemukan

Di tempat terpisah Kalak BPBD Kabupaten Kupang, Semmy Tinenti mengatakan, langkah yang dilakukan saat ini yakni, melakukan pendataan terhadap masyarakat di 4 kecamatan yang terancam bencana kekeringan.

“Langkah selanjutnya akan dilakukan kegiatan siaga darurat bencana, baik itu pemenuhan kebutuhan air bersih, perlindungan kelompok rentan maupun pengendalian sumber ancaman bencana.

Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kondisi kekeringan ini,”kata Semmy.***


Powered By NusaCloudHost