Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Ada Ancaman Siklon Tropis 98S, BPBD NTT Keluarkan Peringatan Dini ke Seluruh Kota/Kabupaten

Avatar photo
Foto. Gambar ilustrasi badai// google.
Foto. Gambar ilustrasi badai// google.

Kupangberita.com, — Badan  Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT, mengeluarkan surat Peringatan Dini Badai Siklon Tropis 98S kepada seluruh seluruh Kepala Pelaksana BPBD Kota/Kabupaten di NTT.

Peringatan tersebut disampaikan menyusul informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang bahaya siklon tropis 98S yang akan terjadi dalam 24 jam kedepan dalam Kategori Rendah.

Foto. Surat Peringatan Dini BPBD Provinsi NTT.
Foto. Surat Peringatan Dini BPBD Provinsi NTT.

Surat peringatan dini Nomor: BPBD.360/20/Bid.I/IV/2023,
yang di tanda tangani Kepala Pelaksana BPBD NTT, Ambrosius Kodo, Jumat 7 April 2023 tersebut dalam rangka Memperhatikan Siaran Pers BMKG Stasiun Meteorologi Eltari Kupang tanggal 6 April 2023 tentang terpantaunya Bibit Siklon Tropis 98S di Laut Arafuru, tepatnya di sekitar 7.5°LS 132.5°BT yang dapat menimbulkan cuaca ekstrem sebagai dampak tidak langsung pada tanggal 8 -11 April 2023 di wilayah NTT.

Baca Juga:  Kunjungi Amarasi Barat Penjabat Bupati Kupang Janji Menata Pasar Baun Hingga Pengaspalan Jalan

Dalam surat tersebut menyebutkan wilayah yang kemungkinan terdampak yakni, daratan Timor, Rote Ndao dan Sabu Raijua seperti hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, angin kencang dan gelombang tinggi yang dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, sambaran petir, pohon tumbang, dan bencana alam lainnya.

Untuk itu, diminta perhatian Para Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten/Kota se-Provinsi NTT untuk dapat memastikan informasi Peringatan Dini Cuaca Ekstrem yang bersumber dari BMKG tersampaikan kepada seluruh masyarakat di wilayah masing-masing.

Baca Juga:  Lurah Nunbaun Sabu Wakili Provinsi NTT di Ajang Paralegal Justice Award 2024

Menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dengan melakukan langkah-langkah mitigasi dengan
Memangkas pohon/dahan pohon yang rapuh dan mudah patah, memperbaiki dan perkuat atap rumah dan membersihkan sampah di selokan/kali.


Powered By NusaCloudHost