Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Prediksi Musim Kemarau Tahun 2024 di Indonesia Mundur, BMKG Imbau Antisipasi

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Prediksi Musim Kemarau Tahun 2024 di Indonesia Mundur, BMKG Imbau Antisipasi.
Foto. Prediksi Musim Kemarau Tahun 2024 di Indonesia Mundur, BMKG Imbau Antisipasi.

KupangBerita.com, — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar Indonesia bersiap menghadapi tantangan musim kemarau tahun 2024. Sementara itu, BMKG memperkirakan sebagian besar zona musiman (ZOM) di Indonesia tahun ini akan memasuki musim kemarau yang jatuh pada bulan Mei – Agustus.

Mengingat musim kemarau pada tahun 2024, BMKG menghimbau kepada kementerian/lembaga, pemerintah daerah, lembaga terkait, dan seluruh masyarakat untuk lebih mempersiapkan dan mengantisipasi kemungkinan dampak musim kemarau.

Terutama di daerah yang musim kemaraunya di bawah normal atau lebih kering dari biasanya, imbauan BMKG dalam keterangan tertulis di situs resminya, dikutip Kamis (28/3).

Baca Juga:  Kabar Gembira, BKN Resmi Rombak Periode Kenaikan Pangkat ASN

Dijelaskan BMKG, wilayah-wilayah tersebut diprediksi dapat mengalami peningkatan risiko bencana kekeringan meteorologis, kebakaran hutan dan lahan, dan kekurangan sumber air,” tulis BMKG.

Selain itu, BMKG mengingatkan perlunya tindakan antisipasi juga diperlukan pada wilayah yang diprediksi mengalami musim kemarau atas normal atau lebih basah dari biasanya. Terutama dampaknya ke tanaman pertanian dan hortikultura yang sensitif terhadap curah hujan tinggi.


Powered By NusaCloudHost