Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Update, Prakiraan Cuaca Esok Senin (11/3) BMKG: Waspadai Siklon Tropis 91s dan Banjir Rob

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Update, Prakiraan Cuaca Esok Senin (11/3) BMKG: Waspadai Siklon Tropis 91s dan Banjir Rob.
Foto. Update, Prakiraan Cuaca Esok Senin (11/3) BMKG: Waspadai Siklon Tropis 91s dan Banjir Rob.

KupangBerita.com, — Update prakiraan cuaca Indonesia yang berlaku Senin 11 Maret 2024, BMKG mengungkapkan berdasarkan dinamika atmosfer terkini menunjukkan aktifnya Maiden Julian Osiliation atau MJO gelombang Ekuatorial Crosby dan gelombang Kelvin di sebagian besar wilayah Indonesia.

Dampak tersebut berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di Indonesia, selanjutnya bibit siklon tropis 91s terpantau di Samudra Hindia sebelah Barat Daya Lampung hingga ke bagian Nusa Tenggara.

Bibit siklon tropis ini menginduksi daerah dengan peningkatan Kecepatan angin lebih dari 25 not atau low level jet di Samudra Hindia Barat Daya Sumatera dan samudra Hindia Selatan, Jawa hingga Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga:  Fakta Apple Tak Informasikan Kepada Pelanggan Tentang iPad Pro dan iPad Air Baru

Hal ini, mampu meningkatkan potensi tinggi gelombang di sekitar bibit siklon tropis 91s di daerah tersebut.

Prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia bagian Utara dari arah timur laut, sementara Wilayah selatan angin didominasi dari barat hingga barat laut dengan kecepatan berkisar 10 hingga 50 km/jam.

Suhu udara di wilayah Indonesia berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembaban udara berkisar antara 55 hingga 100%.

Secara umum Prakiraan tinggi gelombang di Indonesia berkisar antara 0,5 hingga 2,5 M.

Baca Juga:  Drone Kamikaze Canggih Milik Rusia Yang Dapat Diluncurkan Dari Jet Tempur Su-57

Waspada potensi tinggi gelombang 2,5 hingga 4 M di Samudra Hindia bagian barat Kepulauan Nias, Lampung, Samudra Hindia bagian Selatan Jawa dan Nusa Tenggara Barat.


Powered By NusaCloudHost