Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Prakiraan Cuaca BMKG Ungkap Bibit Siklon Tropis 91s Terpantau di Barat Daya Lampung

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Prakiraan Cuaca BMKG Ungkap Bibit Siklon Tropis 91s Terpantau di Barat Daya Lampung.
Foto. Prakiraan Cuaca BMKG Ungkap Bibit Siklon Tropis 91s Terpantau di Barat Daya Lampung.

KupangBerita.com, — Prakiraan cuaca di wilayah Indonesia yang berlaku Jumat 8 Maret 2024, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ungkap adanya bibit siklon tropis 91s terpantau di Samudra Hindia sebelah barat daya Lampung.

Dampak ini membentuk daerah konvergensi atau perlambatan Kecepatan angin di wilayah samudra Hindia bagian Tenggara. Serta adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudra Hindia sebelah Barat Australia.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik bibit siklon.

Terjadi peningkatan Kecepatan angin lebih dari 25 knot terpantau di Samudra Hindia sebelah Barat Daya Sumatera dan perairan sebelah Barat Bengkulu hingga Lampung.

Baca Juga:  Drone Kamikaze Canggih Milik Rusia Yang Dapat Diluncurkan Dari Jet Tempur Su-57

Hal ini mampu meningkatkan tinggi gelombang di wilayah sekitar perairan tersebut,” ungkap BMKG dalam prakiraan cuaca untuk, Jumat 8 Maret 2024.

Selain itu, untuk prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia bagian Utara dari arah timur laut dan untuk wilayah Selatan angin didominasi dari arah barat dengan kecepatan berkisar 10 hingga 50 km/jam.

Suhu udara berkisar 20 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembaban udara berkisar 60 hingga 100%.

Secara umum tinggi gelombang di wilayah Indonesia berkisar 0,5 hingga 2,5 M, waspada tinggi gelombang 2,5 hingga 4 M di perairan Barat Kepulauan Mentawai hingga pulau Enggano.

Baca Juga:  Fakta Apple Tak Informasikan Kepada Pelanggan Tentang iPad Pro dan iPad Air Baru

Tinggi gelombang tersebut juga terjadi di Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai hingga Bengkulu.

Pulau Sumatera di prediksi Berawan terdapat di Kota Banda Aceh dan juga Padang hujan ringan di kota Tanjung Pinang hujan sedang di kota Medan.

Waspada hujan disertai petir ataupun kilat di kota Pekanbaru. Masih di pulau Sumatera umumnya hujan disertai petir ataupun kilat di kota Jambi, Pangkalpinang, Bengkulu Palembang dan juga Bandar Lampung.


Powered By NusaCloudHost