Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

BNPB Dukung Pemkab Demak Sukseskan Pemungutan Suara Susulan Pascabanjir

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. BNPB Dukung Pemkab Demak Sukseskan Pemungutan Suara Susulan Pascabanjir.
Foto. BNPB Dukung Pemkab Demak Sukseskan Pemungutan Suara Susulan Pascabanjir.

Hal ini tidak lain merupakan buah dari kolaborasi multipihak yang terjalin pascabencana banjir yang menerjang.

“Memang kendalanya pascabanjir dan masih hujan sampai pagi tapi Alhamdulillah warga terlihat antusias.

Kemarin persiapan dari siang sampai malam, selain logistik juga kita gotong royong untuk bersihkan tempat TPS ini,” katanya.

Ernita mengakui, rasa tanggung jawab yang dipikul sebagai Ketua KPPS membuatnya tetap bersemangat mengawal jalannya Pemilu susulan di tengah kondisi darurat pascabencana.

“(Merasa) tanggung jawab selagi kita bisa bantu orang dan negara dengan ini kenapa tidak,” sambungnya.

Antusiasme warga dalam penyelenggaraan pemungutan suara susulan tergambar di lingkungan SD Negeri Wonorejo. Seluruh rangkaian proses pemungutan suara pun berlangsung tertib meski di tengah kondisi bencana.

Baca Juga:  Kabar Baik! Hampir 100 Lebih Pemerintah Daerah Sudah Salurkan TPG ke Rekening Guru. Ini Daftarnya

Kesuksesan pesta demokrasi itu tentunya tak luput dari ikhtiar para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta dukungan dari tim gabungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak beserta lintas instansi lainnya guna menciptakan Pemilu yang baik.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, Bambang Surya Putra, mengatakan bahwa dukungan yang diberikan demi kesuksesan pemungutan suara susulan kali ini merupakan bagian dari pendampingan posko terpadu penanganan darurat banjir di Kabupaten Demak oleh BNPB beserta stakeholder lainnya

Pemerintah terus mengupayakan percepatan penanganan darurat melalui berbagai cara di antaranya dengan pelaksanaan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mereduksi dan distribusi curah hujan sebagai mitigasi di wilayah hulu, pengerahan Pompa Air Bergerak (_mobile pump_) guna mengurangi genangan air di lokasi TPS dan pembersihan lingkungan di sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial bersama BPBD, relawan, dan warga.

Baca Juga:  Daftar 23 Wilayah Mengalami Cuaca Buruk, Esok 8 Mei 2024, NTT Waspadai Angin Kencang

“Dukungan kita melekat pada pendampingan posko. Adapun dukungan untuk Pemilu susulan ini merupakan bagian dari rencana operasi percepatan penanganan darurat di mana ada sekitar 114 TPS yang mengalami dampak cukup parah sehingga perlu adanya Pemilu susulan, maka dari itu kita fokus pada rehabilitasi lingkungannya agar pelaksanaan dapat berjalan lancar,” ujar Bambang, Sabtu (24/2).***


Powered By NusaCloudHost