Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

BNPB dan TNI AD Tandatangani Perjanjian Kerjasama Sinergitas dalam Penanggulangan Bencana

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. BNPB dan TNI AD Tandatangani Perjanjian Kerjasama Sinergitas dalam Penanggulangan Bencana.
BNPB dan TNI AD Tandatangani Perjanjian Kerjasama Sinergitas dalam Penanggulangan Bencana.

Jakarta, KupangBerita.com, – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) menandatangani perjanjian kerjasama sinergitas penanggulangan bencana, Senin (19/2) di gedung Graha BNPB Jakarta.

Penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris Utama BNPB Dr. Rustian, S.Si., A.pt., M.Kes. dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., dengan disaksikan langsung oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M.

Kerjasama antara BNPB dengan TNI AD dalam penanggulangan bencana telah terjalin sejak lama. TNI merupakan bagian pentaheliks dalam penanggulangan bencana di Indonesia.

Baca Juga:  UPDATE: 267 Rumah Warga Rusak Dampak Gempa Garut

Kehadiran TNI dalam situasi bencana tidak hanya terjadi pada masa darurat bencana saja, namun juga pada masa sebelum hingga sesudah terjadinya bencana.

Melalui penandatanganan kerjasama hari ini, kedepannya BNPB bersama dengan TNI AD akan meningkatkan penguatan upaya-upaya penanggulangan bencana di Indonesia.

Pertemuan hari ini bukan awal, kerjasama ini sudah dalam rentang waktu yang lama dan masih berlangsung hingga sekarang. Jadi (kerjasama ini) bukan tentang program baru, tetapi memperkuat apa yang sudah berjalan sehingga bisa lebih optimal,” ungkap Suharyanto.

Baca Juga:  Kabar Baik Bagi ASN, Sri Mulyani Pastikan Gaji ke 13 Dibayar Sebelum Idul Adha 2024

Suharyanto menjelaskan salah satu contoh peran TNI AD dalam kerjasama penanggulangan bencana yang sudah berlangsung dapat dilihat pada penanganan bencana hidrometeorologi banjir Demak.

Prajurit TNI turun langsung ke lapangan untuk mengevakuasi warga, mendirikan tenda, hingga menyiapkan dapur umum.

Tidak dipungkiri, BNPB juga bergantung pada prajurit Angkatan Darat dalam operasional penanggulangan bencana di lapangan.


Powered By NusaCloudHost