Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Banjir di Kabupaten Bungo, Sebanyak 485 Rumah Terendam, 472 Jiwa Mengungsi

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Banjir di Kabupaten Bungo, Sebanyak 485 Rumah Terendam, 472 Jiwa Mengungsi.
Foto. Banjir di Kabupaten Bungo, Sebanyak 485 Rumah Terendam, 472 Jiwa Mengungsi.

Daerah rawan bencana banjir meliputi 83 dusun/kelurahan di 17 Kecamatan menjadi kendala yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Bungo dalam penanganan banjir antara lain kurangnya peralatan penanggulangan bencana hanya memiliki 2 unit perahu karet, 3 unit perahu fiber, dan 7 unit tenda pengungsi,” ungkap Zainadi.

Dijelaskan Zainadi, dalam upaya mengantisipasi bencana banjir BPBD, Kesbangpol melakukan himbauan kepada masyarakat melalui perangkat daerah terkait penanggulangan bencana, dengan melaksanakan rakor kesiapan bencana hidrometeorologi, serta menyiapkan personal 58 anggota Tim Reaksi Cepat dan peralatan seperti perahu karet, dan mobil patrol.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo menyiapkan personal dan obat-obatan dan memberikan pelayanan di lokasi banjir guna mengantisipasi munculnya penyakit seperti diare, gatal-gatal dan lainnya.

Selain itu, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pancuran Telago memastikan ketersediaan air bersih yang bekerjasama dengan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jambi.

“Pasca bencana Dinas PUPR Kabupaten Bungo menangani rusaknya infrastruktur seperti rumah, fasilitas umum jalan, dan jembatan, fasilitas sosial lainnya,”jelasnya.

Sementara berdasarkan Kajian Inarisk BNPB wilayah Kabupaten Bungo memiliki risiko banjir dengan tingkat sedang hingga tinggi.

Wilayah risiko terdampak banjir meliputi 17 Kecamatan seluas 61.877 Ha.

Baca Juga:  Dampak Banjir Lahar Dingin Tanah Datar, Korban Meninggal Bertambah 13 Orang

Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi dan Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Senin (19/2) kondisi cuaca pada siang hari cerah dan berawan sedangkan pada malam cuaca hujan petir. Kondisi cuaca Selasa (20/2) pada siang hari cenderung cerah dan saat malam terjadi hujan petir

BNPB mengimbau warga untuk selalu memantau prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG dan selalu waspada jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi lebih dari satu jam agar segera bersiap menuju tempat yang lebih aman.***


Powered By NusaCloudHost