Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Gelar Pengabdian Masyarakat, Dosen dan Mahasiswa Poltek Kupang Dorong Peningkatan UMKM

Avatar photo
Foto. Dosen dan ratusan mahasiswa, jurusan administrasi bisnis, Politeknik Negeri Kupang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di spot wisata Pantai Lasiana Kota Kupang.
Foto. Dosen dan ratusan mahasiswa, jurusan administrasi bisnis, Politeknik Negeri Kupang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di spot wisata Pantai Lasiana Kota Kupang.

Kota Kupang, Kupangberita,com, — Dosen dan ratusan mahasiswa, jurusan administrasi bisnis, Politeknik Negeri Kupang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di spot wisata Pantai Lasiana Kota Kupang.

Kegiatan dilaksanakan Sabtu 7 Oktober 2023 diinisiasi oleh dosen sekaligus ketua panitia PKM, Yessy Benu, S.Sos., MSi serta turut dihadiri oleh Ketua Jurusan Administrasi Bisnis, Janri D. Manafe, S.Sos., MM., Wakil Direktur 1 Politeknik Negeri Kupang, Dr.Melchior Bria, ST., MT., Serta Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat, Ronald E. Ronoat, S. Ab,. MM., Septia Dioh, SPd., MSM dan Darwin Yopie Kefi, S.Sos., MM.

Ketua panitia PKM, Yessy Benu, usai kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan turut dihadiri kurang lebih 100 Mahasiswa dan 4 kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di pesisir pantai Lasiana.

Baca Juga:  Polres Kupang Kembali Kirim 75 Orang Calon Tamtama Ke Polda NTT

“Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, kami berharap dapat mendorong para pelaku UMKM di pesisir spot wisata ini dapat berkembang.

Target kami dalam kegiatan pengabdian ini adalah UMKM yang selama ini sudah terbentuk dan kami tinggal memberikan sedikit polesan.

Polesan atau penguatan yang berikan terkait bagaimana prodak usaha kuliner yang mereka hasilkan bisa di up grade dan pelaku UMKM dibekali ilmu kewirausahaan sehingga usaha yang ada bisa berkelanjutan,”jelas Jessy.

Dikatakan Yessy, Kehadiran Politeknik Negeri Kupang pada kegiatan pengabdian masyarakat untuk memberikan jawaban kepada masyarakat meliputi pelatihan peningkatan pengurus, digital marketing, pengelolaan keuangan, kemasan, pembenahan prodak dan penentuan harga produksi.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan dilakukan rutin setiap tahun. Namun, untuk mendukung keberlanjutan UMKM ini nantinya akan didukung oleh program lain seperti wirausaha mandiri.

Baca Juga:  Kisah Lurah di Kota Kupang Lolos Perhelatan Paralegal Justice Award 2024 Tingkat Nasional

Sementara ini support kami dalam kegiatan pengabdian ini memberikan kontainer usaha yang dilengkapi dengan fasilitas pendukungnya,”ungkapnya.

Sementara itu, Ronald E. Ronoat, S. Ab,. MM., mengatakan Politeknik Negeri Kupang (Poltek Kupang) merupakan salah satu perguruan tinggi di NTT yang memiliki komitmen kuat dalam pemberdayaan masyarakat.

“Salah satu upaya yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Poltek Kupang adalah melalui program Gelar Pengabdian Masyarakat.

Gelar Pengabdian Masyarakat merupakan sebuah program yang dirancang untuk mendorong dosen dan mahasiswa Poltek Kupang untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat,”kata Ronald


Powered By NusaCloudHost