Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Sekda Obet Laha Resmi Tutup Musrenbang RKPD Kabupaten Kupang dan Hasilkan 1.186 Kegiatan

Avatar photo
Foto. Sekda Obet Laha Resmi Tutup Musrenbang RKPD Kabupaten Kupang.
Foto. Sekda Obet Laha Resmi Tutup Musrenbang RKPD Kabupaten Kupang.

Kupangberita.com —Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang Obet Laha secara resmi menutup kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2022, Jumat (04/3/2022).

Kegiatan dilakukan secara hybrid ini diikuti oleh Ketua DPRD Kabupaten Kupang Daniel Taimenas beserta Anggota DPRD Kabupaten Kupang, Para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda Kabupan Kupang, Forkopimda, pimpinan OPD lingkup Kab. Kupang, para Camat, LSM/NGO, para Kades dan Lurah serta Ketua dan Pengurus BPD se Kabupaten Kupang. Bertempat diruang rapat Bupati Kupang.

Ketua DPRD Kabupaten Kupang Daniel Taimenas dalam sambutannya merasa bersyukur karena pelaksanaan Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Tahun 2022 yang dilaksanakan sejak 22 Februari 2022 yang lalu sebagai satu tahapan yang wajib dilalui dalam proses perencanaan pembangunan, akan berakhir saat ini dan akan dilanjutkan ke tahap Musrenbang Tingkat Kabupaten yang akan di dahului dengan forum OPD.

“Banyak dinamika yang mewarnai jalannya forum yang dimaksud, seperti yang terjadi di kecamatan Kupang Tengah dan Kecamatan lainnya menjadi masukan dan catatan penting untuk diperhatikan dan ditindaklanjuti oleh pemerintah demi perbaikan dimasa mendatang,” ujar Daniel.

Dirinya juga menjelaskan bahwa pokok-pokok pikiran (pokir) DPRD merupakan amanat peraturan perundang-undangan dalam perencanaan pembangunan khususnya penyusunan rancangan awal RKPD untuk penyempurnaan rancangan RKPD menjadi dokumen RKPD dalam satu tahun yang menjadi dasar dalam penyusunan rancangan KUA – PPAS APBD Kabupaten Kupang tahun 2023.

Daniel Taimenas menegaskan, Pokir tersebut tentunya akan melalui tahapan verifikasi secara berjenjang yang dimulai dari operator sekretariat DPRD, Mitra BP4D, OPD terkait dan TAPD perencanaan yang menghasilkan rekomendasi usulan untuk diproses terima atau ditolak masuk dalam rencana kerja perangkat daerah tahun 2023.

Dirinya juga berharap proses yang menjadi penentuan ini dilakukan secara transparan serta adanya komunikasi yang baik dengan pihak DPRD sebagai mitra pemerintah.

Hasil pokok pikiran dapat diproses ke tahapan verifikasi, menjadi prioritas untuk dianggarkan melalui APBD tahun anggaran 2023 baik murni maupun perubahan.

Lebih lanjut, Sekda Kabupaten Kupang Obet Laha dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Kupang yang telah secara sukarela berpartisipasi aktif dalam Musrenbang ini.

kepada para Camat yang telah memfasilitasi kegiatan ini serta para Anggota DPRD yang aktif mengikuti mekanisme Musrenbang di dapilnya masing-masing serta kontribusi ide, gagasan serta konsepnya terkait dengan rencana pembangunan daerah tahun 2023 nanti.


Powered By NusaCloudHost