Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Dalam 3 Hari Ke depan

Avatar photo
Foto. BMKG waspadai hujan lebat, petir dan angin kencang.
Foto. BMKG waspadai hujan lebat, petir dan angin kencang.

Kupangberita.com— Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Agung Sudiono Abadi Melalui rilis yang disampaikan Rabu (09/02). Mengimbau warga Nusa Tenggara Timur agar mewaspadai potensi hujan lebat yang diprakirakan mulai terjadi dari tanggal 9 – 11 Februari 2022.

“Saat ini wilayah NTT berada di periode puncak musim hujan dengan kelembapan yang cukup tinggi serta kondisi labilitas lokal yang kuat.

Terpantau adanya daerah tekanan rendah di selatan NTT yang mengakibatkan terjadinya daerah perlambatan dan pertemuan angin di atas wilayah NTT,” ujar Agung.

Baca Juga:  Waspada!! BMKG Ingatkan 4 Wilayah di NTT Berpotensi Dilanda Angin Kencang, Ini Daftarnya

Agung menjelaskan kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan ( konvektif )yang menyebabkan potensi hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

“Waspada akan potensi dampak hujan dan angin kencang yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, banjir rob (banjir di wilayah pesisir), tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin, dan sambaran petir,” jelas Agung.

Ia juga merincikan Wilayah yang berpotensi hujan disertai Petir dan angin kencang
berdurasi singkat yang terjadi pada tanggal
Rabu 9 Februari 20022 yakni : Manggarai,Ngada, Nagekeo, Ende,Sika,
Flores Timur, Lembata,Alor,Belu,Malaka,TTU,TTS, Kab.Kupang,Kota Kupang,Rote,Sabu, Sumba Barat,Sumba Barat Daya Sumba Timur dan Sumba Tengah.


Powered By NusaCloudHost