Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Jangan Lewatkan Gerhana Bulan Hari Ini, Lihat Waktu Untuk Wilayah NTT

Avatar photo
Reporter : Dedy Editor: Makson Saubaki
gerhana bulan sebagian

Kota Kupang, Kupangberita.com – Sebagian masyarakat Indonesia mungkin akan menyaksikan fenomena Gerhana Bulan Sebagian (GBS) yang diperkirakan terjadi pada Minggu (29 Oktober 2023).

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), akan terjadi gerhana bulan pada pagi hari tanggal 29 Oktober 2023.

Gerhana bulan sebagian terjadi ketika posisi bulan, matahari, dan bumi bertepatan. Akibatnya sebagian piringan bulan jatuh ke dalam bayangan bumi. Saat puncak gerhana matahari tercapai, bulan akan tampak gelap dan agak kemerahan pada bagian yang tertutup bayangan bumi,” tulis BMKG dalam siaran persnya, Selasa, 16 Oktober 2023.

Baca Juga:  Lulusan SMA/SMK Merapat, Kemenkumham Buka Pendaftaran CPNS 2024, Berikut Formasinya

BMKG menjelaskan durasi gerhana matahari dari awal fase gerhana (P1) hingga akhir gerhana (P4) adalah 4 jam 28 menit 10 detik.

Durasi gerhana matahari sebagian, yakni selang waktu antara awal gerhana matahari sebagian (U1) dan berakhirnya gerhana matahari sebagian (U4), adalah 1 jam 18 menit 57 detik.

Berikut ini jadwal waktu Gerhana Bulan 29 Oktober 2023

Waktu terjadinya gerhana bulan sebagian pada 29 Oktober 2023 berbeda-beda di setiap wilayah Indonesia. Berikut waktu dan lokasi yang tertera di website Kementerian Agama.

Baca Juga:  Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Segera Dibuka, Cek Jadwal dan Syarat Daftar

1. Pukul 02:34-03:53 WIB: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

2. Pukul 03:34-4:53 WITA: Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.


Powered By NusaCloudHost