Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Simak, Kebijakan Baru Terkait Akun Google  yang Tidak Aktif

Avatar photo
Foto. Simak, Kebijakan Baru Terkait Akun Google yang Tidak Aktif.
Foto. Simak, Kebijakan Baru Terkait Akun Google yang Tidak Aktif.

Jakarta, Kupangberita.com, — Dalam upaya mengelola data pribadi yang tidak aktif dan meningkatkan keamanan pengguna, Google telah mengumumkan kebijakan baru terkait akun yang tidak aktif.

Kebijakan ini, yang dikenal sebagai Sistem Manajemen Akun Tidak Aktif (SIMAK), akan mulai diberlakukan pada bulan Desember mendatang.

Menurut pernyataan resmi Google, akun-akun yang tidak aktif selama lebih dari dua tahun akan tunduk pada tindakan sesuai kebijakan SIMAK.

Tindakan pertama yang akan diambil adalah mengirimkan pemberitahuan kepada pemilik akun melalui alamat email terdaftar dan nomor telepon yang terhubung.

Kebijakan ini diluncurkan sebagai upaya untuk mengurangi potensi risiko keamanan yang terkait dengan akun yang ditinggalkan dan tidak diawasi oleh pemiliknya.

Dengan menghapus akun yang tidak aktif, Google berharap dapat mencegah akses yang tidak sah dan potensi pencurian data pribadi.

Pengguna yang memiliki akun yang tidak aktif. Namun ingin mempertahankannya diharapkan mengambil langkah-langkah tertentu untuk memastikan mempertahankan akun mereka.

Langkah – Langkah  untuk mempertahankan akun Anda tetap aktif mencakup:

1. Membaca atau mengirim email
2. Menggunakan Google Drive
3. Menonton video YouTube
4. Membagikan foto
5. Mendownload aplikasi
6. Menggunakan Google Penelusuran
7. Menggunakan Login dengan Google untuk login ke aplikasi atau layanan pihak ketiga.

“Ada beberapa pengecualian untuk kebijakan ini. Contohnya meliputi: Akun Google dengan channel, video, atau komentar YouTube; akun yang memiliki kartu voucher dengan saldo uang; atau akun yang memiliki aplikasi yang dipublikasikan, misalnya, akun yang menghosting aplikasi di Google Play Store.

Kami juga menawarkan alat untuk membantu mengelola Akun Google Anda dan memberikan opsi untuk mencadangkan data Anda, termasuk kemampuan untuk mendownload data Anda menggunakan Google Takeout, serta memungkinkan Anda merencanakan pengelolaan data Anda jika Anda tidak aktif selama jangka waktu tertentu dengan Pengelola Akun Tidak Aktif,” tulis Google dalam pembaruan kebijakannya pada hari Kamis (10/08) pagi.

Prioritas kami adalah memudahkan Anda untuk membuat akun Anda tetap aktif, jika Anda ingin, dan kami akan memastikan Anda mendapatkan pemberitahuan yang memadai sebelum akun apa pun terpengaruh oleh perubahan ini.

“Jadi, sebelum akun dihapus, Google akan mengirimkan notifikasi email ke Akun Google tersebut dan email pemulihannya (jika ada). Anda harus memastikan bahwa email pemulihan Anda sudah diperbarui,” tulis Google dalam pembaruan kebijakannya.***


Powered By NusaCloudHost