Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Gubernur NTT Resmikan Program Air Sehat Langsung Diminum, Kini Warga Amarasi Nikmati Air Bersih

Avatar photo
Foto. Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), meresmikan program air sehat standar WHO di desa Oenoni II.
Foto. Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), meresmikan program air sehat standar WHO di desa Oenoni II.

Laiskodat juga berharap agar masyarakatnya bisa bekerja dengan rajin agar Pemerintah bisa membantu membawa perubahan bagi masyarakat.

Lebih lanjut, Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Gubernur NTT dan rombongan yang turut hadir bersama masyarakat Desa Oenoni II untuk peresmian air minum melalui kerja sama Pemkab Kupang dengan WMI.

Hari ini telah dibangun di Kabupaten Kupang, khususnya di desa Oenoni II yang mendapat air dan pengembangan hingga 180 jaringan dan akan ditambah 120 jaringan lagi.

Pada kesempatan ini juga, Korinus Masneno, menyampaikan terima kasih kepada Gubernur karena selama masa pemerintahannya, jalanan dari desa Bokong kecamatan Takari hingga Kecamatan Amfoang sudah diperbaiki.

Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kupang, Bupati mengucapkan terima kasih kepada WMI, semoga kerja sama ini tidak sampai disini melainkan berlanjut untuk ke depannya.

Baca Juga:  Pimpin Upacara Hardiknas, Pj. Bupati Kupang, Sampaikan Pesan Penting Mendikbudristek

Pimpinan Country Director WMI Jan Danial dalam sambutannya mengatakan, dibangunnya Sarana Air Sehat (Air Minum) dan instalasi pipa air ke rumah penduduk di Desa Oenoni II dikarenakan kesulitan air bersih oleh masyarakat yang disebabkan oleh jauhnya sumber air dari perkampungan hingga menempuh jarak 2 km untuk mendapatkan air bersih.

Oleh sebab itu, Yayasan WMI melakukan survey pada tahun 2020 di Desa Oenoni II dan pada tanggal 26 Juni 2021 dibentuk Komite pembangunan Sarana Air Sehat (Air Minum) dan instalasi pipa air ke rumah penduduk yang disponsori oleh Yasyasan Waha Mitra Indonesia (WMI) Cabang Kupang yang bergerak di bidang pembangunan Sarana Air Sehat (Air Minum) dengan standar sistem Tugu kran.

Baca Juga:  Peringati Internasional Nurse Day, PPNI Kabupaten Kupang Gelar Kegiatan Donor Darah

Danial melanjutkan, instalasi pipa air ke rumah penduduk sendiri merupakan inovasi baru yang dilakukan oleh WMI berdasarkan permintaan dan masukkan dari masyarakat desa dan untuk pengerjaannya didukung dari sumbangan masyarakat dan Pemerintah Desa Oenoni II.

Dirinya menyatakan, secara praktis air yang disediakan oleh Yayasan WMI ini sudah memenuhi standar WHO dan memiliki kualitas air minum, dimana air ini siap diminum tanpa perlu dimasak.

Besar harapan Danial, kiranya masyarakat desa Oenoni II bisa saling tolong menolong dalam menggunakan barang tersebut untuk membangun masyarakat yang lebih baik dalam hal pengadaan air minum sehat.***

( Makson Saubaki)


Powered By NusaCloudHost