Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Optimis Atasi Sampah, Pj Wali Kota Kupang Kunjungi Pabrik Pengolahan Sampah di Denpasar

Avatar photo
Foto. Optimis Atasi Sampah, Pj Wali Kota Kupang Kunjungi Pabrik Pengolahan Sampah di Denpasar.
Optimis Atasi Sampah, Pj Wali Kota Kupang Kunjungi Pabrik Pengolahan Sampah di Denpasar.

 

Kupangberita.com, — Dalam kunjungannya ke Denpasar, Jumat (05/5) lalu, Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadroh, SH, berkesempatan untuk mengunjungi langsung lokasi pabrik pengolahan sampah atau Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu.

Pabrik pengolahan sampah yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Maret 2023 lalu itu, mampu mengolah sampah 450 ton per hari.

Turut mendampingi Penjabat Wali Kota, Plt. Kadis PUPR Kota Kupang, Maxi Dethan dan Kabid Perairan PUPR Kota Kupang, Micky Natun.

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Freeport Indonesia, Posisi Business Process, Smelting & Refinery - HSE Instructor

Saat meninjau, Penjabat Wali Kota dan rombongan dipandu langsung oleh Kepala Pabrik Pengolahan Sampah Kesiman Kertalangu, Victor Benedictus.

TPST yang dibangun oleh Kementerian PUPR dengan dukungan dari Bank Dunia itu, saat ini sudah diserahkan ke Pemerintah Kota Denpasar dan dikelola oleh PT Bali Citra Metro Plasma Power (BCMPP), yang memperkerjakan kurang lebih 140 tenaga kerja.

Kepada Penjabat Wali Kota dan rombongan Victor menjelaskan proses pengolahan sampah mulai dari awal sampah dibawa masuk ke pabrik, dipilah, dicacah, dikeringkan hingga diproduksi menjadi refuse derived fuel (RDF) atau bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar batu bara.

Baca Juga:  Sidak Pasar Bersama TPID, Penjabat Wali Kota Kupang Imbau Masyarakat Tidak Panic Buying

Diakuinya saat ini TPST Kertalangu baru memproduksi RDF. Rencananya ke depan pihaknya juga akan memproduksi briket atau bahan bakar padat yang merupakan salah satu bahan bakar alternatif dengan bahan dasar olahan limbah.

Penjabat Wali Kota Kupang mengaku sangat tertarik dengan konsep pengolahan sampah yang diterapkan di TPST Kesiman Kertalangu.


Powered By NusaCloudHost