Persiapan Daftar Awal, Ini 17 Jenis Beasiswa LPDP Menanti Anda di Tahun 2024

Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Persiapan Daftar Awal, Ini 17 Jenis Beasiswa LPDP Menanti Anda di Tahun 2024.
Foto. Persiapan Daftar Awal, Ini 17 Jenis Beasiswa LPDP Menanti Anda di Tahun 2024.

KupangBerita. Com, — Inilah daftar 17 jenis beasiswa LPDP yang perlu diketahui oleh pemburu beasiswa. Setiap tahunnya, pengelola dana pendidikan atau beasiswa LPDP membuka pendaftaran, termasuk pada tahun 2024, yang diharapkan siap dibuka pada awal tahun.

Beasiswa melalui LPDP ini dibagi ke dalam empat kategori yaitu beasiswa target, afirmasi, umum, dan kolaborasi.

Keempat kategori ini lalu dibagi lagi ke dalam sub kategori beasiswa berdasarkan perbedaan penerima beasiswa serta syaratnya.

Dalam Artikel  ini akan membahas 17  jenis beasiswa LPDP, apa saja?

17 Jenis Beasiswa LPDP 2024 yang Perlu Diketahui

A. Jenis Beasiswa Target

1. Beasiswa PNS/TNI/POLRI Adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, dan anggota POLRI untuk kuliah S2 dan S3.

2. Beasiswa Kewirausahaan (entrepreneurship)

Beasiswa Kewirausahaan adalah program beasiswa yang diperuntukan bagi warga negara Indonesia yang bergerak di bidang kewirausahaan (entrepreneurship) untuk menempuh jenjang S2 satu gelar di luar negeri.

3. Beasiswa Pendidikan Kader Ulama Beasiswa jenjang magister dan doktoral yang dikelola Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) bekerjasama dengan Kementerian Agama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dengan pembiayaan LPDP yang diperuntukan bagi calon ulama kuliah S2 dan S3.

4. Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis

Beasiswa ini dimaksudkan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Dokter Spesialis, Dokter Gigi Spesialis, dan Dokter Subspesialis dalam rangka pemenuhan dalam rangka pemenuhan dan pemerataan pelayanan spesialistik di Indonesia.

5. Beasiswa Dokter Spesialis Sasaran

Beasiswa Dokter Spesialis Sasaran atau Beasiswa Fellowship adalah Warga Negara Indonesia yang berprofesi sebagai dokter spesialis yang mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Ijin Praktik (SIP) sebagai Dokter Spesialis.

6. Beasiswa Kerja Sama Bidang Kewirausahaan

Merupakan program kerja sama pendanaan (Co-Funding) antara LPDP dengan National University of Singapore (NUS) Enterprise untuk para pengusaha.

8. Beasiswa Diktiristek-LPDP-OKP/StuNed

Beasiswa ini diperuntukkan bagi warga negara Indonesia untuk dapat menempuh pendidikan di beberapa Universitas Belanda pada program studi spesifik dengan durasi pendanaan paling lama 18 (delapan belas) bulan.

9. Beasiswa Kerja Sama Metalurgi CSU

Beasiswa Kerja Sama Indonesia – Tiongkok Bidang Metalurgi Dan Sains Material di Central South University, Republik Rakyat Tiongkok. Pihak LPDP mendanai beasiswa pada tahun pertama dan GEM Co., Ltd. mendanai beasiswa pada tahun kedua dan ketiga.

B. Jenis Beasiswa Afirmasi

1. Beasiswa Penyandang Disabilitas

Beasiswa Penyandang Disabilitas adalah program beasiswa S2/S3 yang ditujukan untuk masyarakat penyandang disabilitas yang memenuhi persyaratan LPDP, yaitu: Penyandang Disabilitas Fisik Penyandang Disabilitas Intelektual Penyandang Disabilitas Mental Penyandang Disabilitas Sensorik Penyandang Disabilitas Ganda atau Multi.

2. Beasiswa Daerah Afirmasi

Beasiswa Daerah Afirmasi adalah program beasiswa magister dan doktor yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi.

3. Beasiswa Prasejahtera

Beasiswa Prasejahtera adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat dari keluarga prasejahtera atau miskin untuk melanjutkan studi jenjang pendidikan magister, yang terdaftar dan aktif sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH)/ penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/ Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

4. Beasiswa Putra-Putri Papua

Adalah program beasiswa magister dan doktor yang diperuntukkan bagi putra-putri daerah Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat Daya.

C. Jenis Beasiswa Umum

1. Beasiswa Reguler

Beasiswa Reguler adalah beasiswa jenjang magister dan doktor yang diperuntukkan bagi Warga Negara Republik Indonesia melalui mekanisme dan prosedur yang ditetapkan LPDP.

2. Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD)

Adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Utama Dunia untuk menempuh jenjang pendidikan Magister dan Doktor.

3. Beasiswa Parsial Beasiswa Parsial adalah beasiswa umum untuk jenjang magister dan doktor yang diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia dengan skema pendanaan bersama antara LPDP dengan indonesia.

D. Jenis Beasiswa Kolaborasi

Beasiswa Kolaborasi Kemendikbud Ristek Beasiswa kolaborasi ini memiliki program- program yang diinisiasi oleh Kemendikbud dan bertujuan untuk mendorong semangat belajar baik kalangan pelajar, pendidik, hingga budayawan.***

Exit mobile version