Ilmuwan Nasa Beri Peringatan Dampak Badai Matahari, Bisa Bikin Kiamat Internet

Gambar ilustrasi
Gambar ilustrasi.

Gangguan geomagnetik di Bumi berimbas pada infrastruktur jaringan internet. Dari banyaknya infrastruktur  jaringan yang ada, kabel yang berada di bawah laut yang akan paling banyak terdampak jika terjadi Badai Matahari ekstrem.

Jika benar itu terjadi, pemadaman internet skala besar akan terjadi bahkan berlangsung beberapa minggu atau beberapa bulan. Hal itulah yang disebut dengan kiamat internet. Hal itu dijelaskan oleh astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo.

Sistem internet yang selama ini berpegang pada satelit telekomunikasi dan jaringan kabel bawah laut. Dan jika terjadi badai matahari, kedua sistem tersebut akan terdampak.

Antisipasi jika benar terjadi Badai Matahari
Dijelaskan dalam studi ‘Solar Superstorms: Planning for an Internet Apocalypse,’ kemajuan teknologi bertepatan dengan periode aktivitas matahari yang lemah dan pusat tata surya ini diperkirakan menjadi lebih aktif dalam waktu dekat.

Para ilmuan pun menjelaskan bahaya cuaca ruang angkasa, meski mereka tak tau akan seberapa buruk.

Meski belum ada cara untuk mencegah Badai Matahari, namun ada beberapa antisipasi yang bisa dilakukan, seperti punya generator listrik sendiri, menarik uang dari ATM, hal ini karena seluruh sistem ATM menggunakan secara elektronik. Jika terjadi Badai Matahari, pasti sistem tersebut akan bermasalah hingga kalian akan sulit menarik uang

Tak terbayangkan jika benar terjadi Badai Matahari. Oleh sebab itu, sebaiknya kita banyak berdoa agar bencana tersebut tak benar-benar terjadi. ***

(Makson Saubaki)

 

Exit mobile version