Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kisah Inspiratif ASN Pemkab Kupang Lolos Seleksi Beasiswa LPDP Dalam Sekali Tes, Ternyata ini Triknya

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Kisah ASN Pemkab Kupang Lolos Seleksi Beasiswa LPDP Dalam Sekali Tes, Ternyata ini Triknya.
Foto. Kisah ASN Pemkab Kupang Lolos Seleksi Beasiswa LPDP Dalam Sekali Tes, Ternyata ini Triknya.

Oelamasi, KupangBerita.com , — kisah inspiratif Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kupang lolos seleksi Beasiswa pada Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam sekali tes.

Tentunya banyak orang berharap untuk melanjutkan pendidikan dengan mendapatkan beasiswa dari LPDP, namun niatnya kandas karena berbagai macam persyaratan dan tahapan seleksi yang amat ketat.

Oleh karena itu, jangan kuatir kisah sukses Alberty Mariani Olla, sebelumnya alumni Program Studi Agroteknologi Universitas Nusa Cendana, kini berkerja pada Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Kupang, berhasil mendapatkan beasiswa S2 penuh dari LPDP tahun 2024 dan membagikan trik bagaimana bisa lolos seleksi LDPD.

Ira sapaan akrabnya kepada media, Kamis (4/7) di Oelamasi mengakui awalnya sempat pesimis, namun karena kegigihan dan ketekunan yang membuat dia lolos seleksi.

Baca Juga:  Kunjungi Sekolah Nono Si Juara Matematika Internasional, Pj Bupati Kupang Beri Motivasi Penuh

“Awal ikut seleksi mulai dari proses administrasi pada Januari 2024 dan tahapan demi tahapan tes hingga pengumuman hasil Juni lalu.

Saat lihat pengumuman beasiswa LPDP tahap 1, saya mencoba dengan penuh keyakinan baik mulai dari persiapan administrasi, seleksi bakat skolastik LoA dari kampus dan Seleksi substansi (wawancara),” ungkap Ira.

Ira mengisahkan, pada tahap awal sebelum mendaftar harus download panduan dari LDPD dan pelajari secara utuh, sebelum menyiapkan kelengkapan administrasi lainnya.

Tahap selanjutnya siapkan easy yang baik, karena ini akan menjadi dasar panduan penilaian tim LPDP dan pastikan masa berlakunya dokumen karena ada administrasi ada masa kadaluarsa dan pastikan submit aplikasi 3 hari sebelum ditutup.

Selain secara teknis, pemilik moto hidup “Jangan berfokus pada kesulitan hari ini, tetaplah berdoa dan bekerja. Semua orang berdoa, tetapi Tuhan menjawab doa orang yang berusaha” juga membagikan tips lain yakni bagi pelamar beasiswa LPDP jangan berusaha sendiri.

Baca Juga:  Guru Belum Sertifikasi Harap Bersabar, Ini Alasan PPG Daljab Ditunda Hingga 4 atau 5 Bulan Lagi

Pastikan bagun komunikasi dengan awardee yang sebelumnya sudah lolos supaya bisa bantu mentoring untuk proofreading essay dan kelengkapan lain, mock up dan sebelum wawancara.

“Ada banyak awardee LPDP dan komunitas yang sediakan mentoring gratis misalnya Mimpi Anak Timur, Berburu Beasiswa Ala FAN (BBAF),” kisahnya.

Untuk menghadapi soal – soal tes dikatakan Ira, bahwa saat ini sudah banyak kemudahan dan fasilitas seperti belajar dari YouTube ada banyak panduan dan bahan bahan latihan disediakan pada chanel Youtube.


Powered By NusaCloudHost