Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Tindak Lanjut Temuan, BPK RI Berhasil Selamatkan Aset dan Uang Negara Rp136,88 Triliun

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Tindak Lanjut Temuan, BPK RI Berhasil Selamatkan Aset dan Uang Negara Rp136,88 Triliun.
Foto. Tindak Lanjut Temuan, BPK RI Berhasil Selamatkan Aset dan Uang Negara Rp136,88 Triliun.

Jakarta, KupangBerita.com , — Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) menyampaikan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2023 kepada lembaga perwakilan DPR RI, Selasa (4/6).

IHPS II Tahun 2023 mengungkapkan hasil pemantauan atas pelaksanaan tindak lanjut rekomendasi BPK dari tahun 2005 hingga 2023 telah sesuai rekomendasi sebesar 78,2%.

“Dari tindak lanjut tersebut, BPK telah melakukan penyelamatan uang dan aset negara berupa penyerahan aset dan atau penyetoran uang ke kas negara/daerah/perusahaan atas hasil pemeriksaan tahun 2005 hingga 2023 senilai Rp136,88 triliun,” ungkap Ketua BPK, Isma Yatun , dalam Sidang Paripurna DPR di Jakarta.

Baca Juga:  BUMN RS Pelni Buka Lowongan Kerja Terbaru Juni 2024, Terbuka untuk Fresh Graduate

IHPS II Tahun 2023 memuat ringkasan dari 651 laporan hasil pemeriksaan (LHP), yang terdiri atas 1 LHP Keuangan, 288 LHP Kinerja, dan 362 LHP Dengan Tujuan Tertentu (DTT).

IHPS ini juga memuat hasil pemeriksaan tematik atas dua prioritas nasional (PN), yaitu pengembangan wilayah serta revolusi mental dan pembangunan kebudayaan.

Selain itu, IHPS II Tahun 2023 juga memuat hasil pemeriksaan yang menunjukkan permasalahan antara lain pada pemeriksaan efektivitas perlindungan WNI dan kerja sama dalam upaya pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), kerja sama Pemerintah RI dengan negara-negara di Asia Tenggara belum mencakup peningkatan kapasitas penanganan korban TPPO.


Powered By NusaCloudHost