Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Status Gunung Lewotobi Laki-Laki Naik Level Awas, BPBD Flores Timur Optimalkan Penanganan Darurat

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Status Gunung Lewotobi Laki-Laki Naik Level Awas, BPBD Flores Timur Optimalkan Penanganan Darurat.
Foto. Status Gunung Lewotobi Laki-Laki Naik Level Awas, BPBD Flores Timur Optimalkan Penanganan Darurat.

KupangBerita.com, – Status gunung api Lewotobi Laki-Laki naik level awas, BPBD Flores Timur optimalkan penanganan darurat.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status gunung api yang berada di wilayah Kabupaten Flores menaikan status dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas) pada Selasa (9/1) pukul 23.00 WITA.

Sesuai data visual dari Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki-Laki per pukul 18.00-24.00 WIB, secara visual teramati asap kawah bertekanan sedang hingga kuat berwarna putih kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal setinggi 800-1.000 di atas puncak.

Baca Juga:  Naas, Pria di NTT Tewas Tercebur ke Sumur saat Hendak Selamatkan Ayam

Teramati sinar api di kawah utama Gunung api Lewotobi Laki-Laki dengan lontaran lava pijar ke arah utara sejauh 50 meter dari kawah utama.

Suara gemuruh lemah hingga sedang juga terdengar jelas.

Hasil rekaman instrumen data seismograf menunjukkan adanya gempa frekuensi rendah sebanyak 3 kali dengan amplitudo 7.4-29.6 mm dalam durasi 7-17 detik.

Gempa vulkanik dangkal terekam sebanyak 2 kali dengan amplitudo 18.5-37 mm dalam durasi 11 detik. Sedangkan untuk microtremor terekam dengan amplitudo 3.7-7.4 mm yang dominan pada 7.4 mm.

Baca Juga:  Pemkot Kupang Gelar HLM TPID Triwulan I Jelang Hari Raya Paskah Dan Idul Fitri

Atas kenaikan level tertinggi untuk gejala aktivitas vulkanik gunung api itu, maka direkomendasikan kepada masyarakat agar tidak melalukan aktivitas apapun di area 4 kilometer dari pusat kawah dan 5 kilometer sektoral ke arah utara – barat laut.

Apabila terjadi hujan abu vulkanik maka masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam ruangan.


Powered By NusaCloudHost