Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Kejari Kabupaten Kupang Gelar Rakor Deteksi Dini Aliran Kepercayaan dan Keagamaan

Avatar photo
Reporter : Makson Saubaki Editor: Redaktur
Foto. Kejari Kabupaten Kupang Gelar Rakor Deteksi Dini Aliran Kepercayaan dan Keagamaan.
Foto. Kejari Kabupaten Kupang Gelar Rakor Deteksi Dini Aliran Kepercayaan dan Keagamaan.

Oelamasi, KupangBerita.com, — Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor ) Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan Dalam Masyarakat (PAKEM) Tahun 2023, Rabu (08/11) di Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang, Muhammad Ilham, SH,. MH., mengungkapkan Bahwa dalam rangka menjaga ketertiban umum, Kejaksaan Republik Indonesia melakukan pengawasan secara intensif, persuasif, edukatif, dan koordinatif terhadap semakin berkembangnya kehidupan beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

“Tujuan dari rapat ini, untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas dalam rangka deteksi dini mengantisipasi munculnya aliran Kepercayaan dan aliran Keagamaan yang dapat meresahkan Masyarakat dan mengganggu ketentraman dan ketertiban Masyarakat,”ungkapnya.

Baca Juga:  Jai Bersama Meriahkan HUT Bhayangkara ke-78 Tingkat Polres Kupang

Ia Berharap Tim Pakem selalu proaktif dalam melakukan pengawasan terhadap munculnya aliran kepercayaan yang menyimpang dan dapat memicu terjadinya konflik atau gesekan antara penganut umat beragama.

Tim Pakem ini terdiri dari berbagai instansi yang turut hadir dalam kegiatan Rakor Pakem tersebut, yakni dari instansi Kementerian Agama Kab. Kupang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Pasi Intel Kodim 1604 Kupang, dan Kasat Intelkam Polres Kupang serta Forum Kerukunan Umat beragama serta Para Tokoh Agama.

Baca Juga:  Program CSR Indomaret Bantu Sumur Bor di Kabupaten Kupang

Lebih lanjut Muhammad Ilham, berharap Tim Pakem dapat menampung informasi, menganalisa laporan, meneliti dan menilai secara cermat perkembangan suatu aliran kepercayaan atau aliran keagamaan untuk mengetahui dampak bagi ketertiban dan ketentraman umum khususnya di wilayah Kabupaten Kupang.

“Pada Rakor ini, setiap perwakilan pengurus Pakem telah menyampaikan perkembangan serta temuannya di lapangan terkait keaktifan dari pada aliran Kepercayaan dan Keagamaan dalam Masyarakat.


Powered By NusaCloudHost