Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Plh. Sekda Kota Kupang Terima Kunjungan Dubes Selandia Baru Bahas Kerja Sama

Avatar photo
Foto. Plh. Sekda Kota Kupang Terima Kunjungan Dubes Selandia Baru Bahas Kerja Sama.
Foto. Plh. Sekda Kota Kupang Terima Kunjungan Dubes Selandia Baru Bahas Kerja Sama.

Kota Kupang, Kupangberita.com,– Pelaksana Harian (Plh.) Sekda Kota Kupang, A. D. E. Manafe, S.IP., M.Si., menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Selandia Baru untuk Indonesia, Kevin Jeffery Burnett, ONZM, Kamis (31/08) di ruang kerjanya.

Sejumlah topik yang dibahas dalam kunjungan tersebut antara lain terkait pendidikan, pariwisata, pertanian, ketersediaan air bersih hingga pelatihan kerja untuk menekan angka pengangguran.

Turut hadir, Development Programme Coordinator New Zealand Embassy, Lucia Fransisca, Para Asisten Sekda, Kepala Dinas Sosial Kota Kupang serta Sekretaris BPBD Kota Kupang.

Pada pertemuan tersebut Plh. Sekda bersama para Asisten Sekda menyampaikan sejumlah tantangan yang dihadapi pemerintah diantaranya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca Juga:  Polda NTT Gelar Rapat Koordinasi Terakhir Persiapan Pemilu 2024

Banyak masyarakat maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ingin melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi namun mengalami keterbatasan anggaran dan kurangnya atau keterlambatan informasi mengenai program beasiswa ke luar negeri juga menjadi salah satu masalah tersendiri.

Terkait pendidikan juga Pemerintah Kota Kupang berharap program kerja sama melalui beasiswa oleh Pemerintah Selandia Baru tidak hanya untuk jenjang pendidikan Strata 2 (S-2) atau jenjang yang lebih tinggi namun ke depan beasiswa studi juga bisa diberikan untuk pendidikan S-1.

Plh. Sekda mengapresiasi program pendidikan dan pelatihan oleh Pemerintah Selandia Baru, di mana sejumlah ASN Pemerintah Kota Kupang juga pernah memperoleh kesempatan menimba ilmu di Selandia Baru.

Baca Juga:  Diduga Korsleting Listrik, 2 Rumah Warga Desa Penfui Timur Hangus Terbakar

Selain itu masalah air bersih dan pengelolaan sampah juga menjadi topik dalam pertemuan tersebut. ADE Manafe menyampaikan saat ini masyarakat Kota Kupang mengalami kekurangan air bersih akibat musim kemarau panjang yang sedang melanda.

Ia berharap ada masukan Dubes Selandia Baru yang mungkin bisa di adopsi oleh Pemerintah Kota Kupang, salah satu contoh adalah teknologi mengolah air laut menjadi air bersih yang dapat digunakan sehari-hari.


Powered By NusaCloudHost