Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Peduli Kaum Difabel dan Lansia, Dukcapil Kabupaten Kupang Terus  Menjangkau yang Tidak Terlayani 

Avatar photo
Foto. Peduli Kaum Difabel dan Lansia, Dukcapil Kabupaten Kupang Terus Menjangkau yang Tidak Terlayani.
Foto. Peduli Kaum Difabel dan Lansia, Dukcapil Kabupaten Kupang Terus Menjangkau yang Tidak Terlayani.

Oelamasi, Kupangberita.com, — Dalam upaya untuk terus meningkatkan inklusi sosial dan pelayanan Adminitrasi Kependudukan (Adminduk), kepada masyarakat yang lebih luas, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kupang telah meluncurkan inisiatif baru yang mengesankan.

Ide kreatif dari sang Kepala Dinas DUKCAPIL Kabupaten Kupang, Yulius Taklal, dibantu oleh para kepala bidang melalui terobosannya telah menggagas satu inovasi kecil dengan nama
“Lais Manekat” (pelayanan kasih).

Tim Lais Manekat atau tim Pelayanan Kasih ini beranggotakan 13 orang dengan  tugas masing-masing mulai dari penerima berkas, operator SIAK, tim verifikasi dan validasi,  tim perekaman KTP-el serta driver.

Dalam pelayanannya  Tim Lais Manekat berkomitmen untuk menjangkau, melayani sahabat -sahabat difabel dan lansia dengan mendekatkan pelayanan kepada mereka.

Mengatasi Hambatan Aksesibilitas

Kabupaten Kupang, yang terletak di pulau Timor, provinsi Nusa Tenggara Timur sangat luas yang Terdiri dari 24 kecamatan, 160 desa dan 17 kelurahan.

Hambatan aksesibilitas sering menjadi masalah utama dalam memberikan pelayanan maksimal kepada semua warga masyarakat.

Baca Juga:  Ketahuan Berswafoto Saat Upacara Berlangsung, Pj. Bupati Kupang Katai PPPK Bodoh

Namun Dukcapil kabupaten Kupang telah merancang solusi inovatif untuk mengatasi masalah ini.

Tim Lais Manekat Bergerak dari Desa ke Desa

Tim Lais Manekat atau tim pelayanan kasih harus turun gunung dan terus bergerak dari desa ke desa untuk melaksanakan pelayanan bahkan termasuk kepada sahabat- sahabat difabel dan Lansia yang terkadang tim langsung melayani di rumah.

Tim ini didukung dengan ramuan teknologi berupa perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan dapat diakses data kependudukan dan pencatatan sipil secara langsung dan real time di tempat pelayanan sehingga dokumen adminduk masyarakat  langsung di proses dan di serahkan di lokasi pelayanan.

Kegiatan pelayanan langsung ini dapat menghasilkan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil berupa; kartu keluarga, biodata penduduk, pindah penduduk, perekaman KTP-el dan Kartu Identitas Anak (KIA) serta semua AKTA-AKTA.

Peningkatan Dukungan Kaum Difabel

Selain itu, tim Lais Manekat Dukcapil Kupang juga terus berupaya untuk meningkatkan dukungan dan komitmen mereka terhadap sahabat -sahabat difabel dan Lansia.

Baca Juga:  Sejumlah Pengusaha Keluhkan Proses Surat Ijin Pengiriman Ternak Sapi di Disnak Kabupaten Kupang

Tim Lais Manekat, terus bekerja sama dengan pemerintah desa dan pemerintah kecamatan serta tidak kenal lelah untuk memastikan bahwa semua warga masyarakat harus terlayani tanpa membeda-bedakan karena semua warga negara berhak untuk mendapatkan pelayanan.

Komitmen dan tanggungjawab Tim Lais Manekat adalah menjangkau mereka yang tidak terlayani dan melayani yang tidak terjangkau.

Diketahui Media Kupang Berita, pekan kemarin, Tim Lais Manekat turun dan menggempur pelayanan adminduk di dua desa yakni desa Naikaen dan desa Uiboa, Kecamatan Semau Selatan, Pulau semau selama 6 hari terhitung dari tanggal 21-26 Agustus 2023 dan menghasilkan kurang lebih 735 dokumen adminduk.

Tim ini berhasil melayani  sejumlah masyarakat termasuk juga beberapa orang sahabat difabel dan Lansia yang selama ini mereka sebagai warga negara Indonesia tapi belum memiliki dokumen adminduk yang resmi dan valid.


Powered By NusaCloudHost