Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Luar Biasa! Desa di Kupang, NTT, Gelar Musrenbang Tematik Bagi Difabel

Avatar photo
Foto. Luar Biasa! Desa di Kupang, NTT, Gelar Musrenbang Tematik Bagi Difabel.
Foto. Luar Biasa! Desa di Kupang, NTT, Gelar Musrenbang Tematik Bagi Difabel.

Oelamasi, Kupangberita.com, –– Luar biasa, Pemerintah Desa Besmarak, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), telah menciptakan sejarah dengan digelarnya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tematik khusus untuk kelompok difabel.

Inisiatif ini merupakan yang pertama di NTT, memberikan peluang bagi kelompok difabel untuk ikut serta dalam proses perencanaan pembangunan di desa.

Project Officer Garamin Kabupaten Kupang, Elmi Sumarni Ismau, mengungkapkan bahwa guna mendukung partisipasi pada pembangunan inklusif , maka perlu dilibatkan semua pihak di dalam penyampaian usulan.

Baca Juga:  Kenakan Pakaian Kebesaran Adat TTS, Pj. Bupati Kupang Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Kelompok difabel seharusnya dilibatkan pada pra musrenbang , mulai dari tingkat dusun hingga desa.

“Namun, kenyataannya kata, Elmi, dalam proses musrenbangdes hasil usulan kelompok difabel dan lansia tidak masuk dalam usulan prioritas.

Untuk itu, kegiatan musrenbang tematik ini dilaksanakan guna mengakomodir usulan kelompok difabel dan lansia desa,”Kata Elmi, Rabu (23/08), kepada Kupang Berita.

Dilanjutkan Elmi, Garamin NTT hadir melalui program SOLIDER, mendukung pemerintah desa dan Kelompok difabel dan menginisiasi musrenbang tematik.

Ini sebagai wadah menampung aspirasi difabel dan lansia dalam rangka mendukung pembangunan di desa yang inklusif.


Powered By NusaCloudHost