Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Daerah  

Peduli Kaum Disabilitas BP4D Kabupaten Kupang Bangun Bidang Miring

Avatar photo
Foto. Peduli Kaum Disabilitas BP4D Kabupaten Kupang Bangun Bidang Miring.
Foto. Peduli Kaum Disabilitas BP4D Kabupaten Kupang Bangun Bidang Miring.

Oelamasi, Kupangberita.com, — Peduli dan perhatian terhadap kaum penyandang disabilitas, Kantor Badan Badan Perencanaan Pembangunan Serta Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Kupang bangun “Bidang Miring” di pintu masuk samping kantor tersebut.

Pembuatan bidang miring ini terbilang Pertama dan menjadi pilot project di lingkup Civic Center Oelamasi.

Sesuai pengamatan media Kupang Berita dari 22 OPD, 6 Badan dan 24 Kecamatan hingga Kantor Bupati belum ada infrastruktur “bidang miring”.

Kepala BP4D Kabupaten Kupang, Juardy Dikson Selan, Jumat (04/08) di ruang kerjanya menyampaikan, “Bidang Miring adalah wujud komitmen pemerintah setempat untuk mewujudkan inklusi sosial bagi semua warga, termasuk kaum penyandang disabilitas.

Baca Juga:  Penjabat Bupati Kupang: Inovasi Daerah Jadi Kunci Meningkatkan Daya Saing dan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat

Kami berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih ramah dan memberikan kesempatan yang setara bagi semua individu , tanpa melihat latar belakang fisik atau kemampuan,” Kata Juardy Selan.

Dikatakan Juardy, dasar pembuatan bidang miring ini pertama, “kebutuhan kaum disabilitas untuk mengakses layanan di setiap perangkat daerah wajib pemerintah siapkan

Kedua, sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Kupang sebagai kabupaten inklusi,”jelas Selan.

“Ini sebuah kebijakan yang harus kita tindak lanjuti. Saat ini, kami sementara menyusun kebijakan bupati untuk mengeluarkan surat kepada semua pimpinan OPD untuk wajib menyediakan bidang miring.

Baca Juga:  Polres Kupang Kirim 230 Calon Bintara ke Panitia Polda NTT, Ini Pesan Kapolres Kupang

Penyediaan bidang miring untuk memberi ruang kepada kaum disabilitas agar lebih leluasa mengakses informasi dan berbagai kebutuhan dasar lainya.

Sebagai kebutuhan perencanaan di Kabupaten Kupang, maka BP4D membuat lebih dulu bidang miring sebagai pilot project OPD dan Badan lain,”tambahnya.

Lebih lanjut, dijelaskan Juardy, terkait pembiayaan penyediaan bidang miring tidak ada alokasi pembiayaan khusus.

“Kerena pada prinsipnya dalam seluruh DPA dinas instansi, terdapat alokasi biaya pemeliharaan kantor.


Powered By NusaCloudHost