Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Urai Masalah Lalu Lintas Jalan, Dishub Kabupaten Kupang Gelar Rapat Pembentukan Forum LLAJ

Avatar photo
Foto. Urai Masalah Lalu Lintas, Dishub Kabupaten Kupang Gelar Rapat Pembentukan Forum LLAJ.

Kupangberita.com, — Mengurai dan mengakomodir persoalan Lalu Lintas di Kabupaten Kupang, melalui Dinas Perhubungan mengelar rapat awal Pembentukan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), Kamis (13/07) di Aula Kantor Bupati Kupang.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang, Ronny Prasodjo dalam laporan panitia mengatakan, “forum LLAJ ini sangat penting dibentuk guna mengakomodir dan mengurai persolan Lalu Lintas di Kabupaten Kupang.

Dasar hukum pembentukan forum ini adalah UU No.22 Tahun 2009 Tentang LLAJ, PP No 37 Tahun 2011 Tetang Forum LLAJ Peraturan Bupati Kupang No 12 Tahun 2023 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Forum LLAJ Kabupaten Kupang.

Baca Juga:  Luar Biasa, Polres Kupang Raih Juara 1 Lomba Karnaval Kategori Fashion Show Tenun Modifikasi

“Forum LLAJ ini diharapkan sebagai wadah koordinasi, pengaturan, pembinaan dan pengawasan terhadap sarana dan prasarana jalan, sehingga dapat mengurangi 3 hal dalam berlalu lintas, yakni kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,”Kata Ronny dalam Laporannya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Kupang, Messakh Soleman Elfeto saat membacakan sambutan Bupati Kupang mengatakan, forum LLAJ ini dibentuk sesuai amanat UU dan peraturan bupati kupang.

Forum ini sebagai wahana kordinasi antar instansi, penyelenggara LLAJ demi terciptanya sistem transportasi di wilayah perkotaan yang terpadu dan mampu mengurai mobilitas barang dan orang guna mendukung pelaku ekonomi.

“Hal ini, membutuhkan strategi untuk perbaikan LLAJ secara optimal,”katanya.

Baca Juga:  Luar Biasa, Polres Kupang Raih Juara 1 Lomba Karnaval Kategori Fashion Show Tenun Modifikasi

Dijelaskan Messakh, Permasalahan LLAJ di Kabupaten Kupang meliputi; tingginya volume lalu lintas jalan, pertumbuhan kendaraan yang cepat, rendahnya pemahaman alur transportasi darat yang memadai.

“Permasalah ini, menjadi tanggungjawab kita bersama untuk mewujudkan LLAJ yang aman, lancar, tertip dan selamat.

Peran utama dari forum ini adalah mengkoordinir lembaga pemangku keuntungan untuk membuat perencanaan dan pengelolaan infrastruktur jalan yang efektif dan efesien.

Tugas forum ini ke depan menerima menerima keluhan dari masyarakat tentang kondisi jalan dan memberikan rekomendasi terkait pengelolaan infrastruktur jalan,” jalasnya.


Powered By NusaCloudHost