Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Sukses Diluncurkan Satelit SATRIA-1, di 11 Stasiun Bumi, Pemkab Kupang Ikut Nobar

Avatar photo
Foto. Sukses Diluncurkan Satelit SATRIA-1, di 11 Stasiun Bumi, Pemerintah Kabupaten Kupang Ikut Nobar.
Foto. Sukses Diluncurkan Satelit SATRIA-1, di 11 Stasiun Bumi, Pemerintah Kabupaten Kupang Ikut Nobar.

Kupangberita.com, — Pemerintah Republik Indonesia kembali mencetak sejarah baru dalam dunia satelit, hal tersebut dibuktikan dengan suksesnya peluncuran Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) yang diluncurkan pada Minggu (18/6) di Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat, atau waktu setempat atau Senin (19/06/2023) pukul 05:04 WIB waktu Indonesia.

Peluncuran itu sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sebelumnya, tampak cuaca cerah terpantau di lokasi peluncuran.

Badan Layanan Umum Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar acara Nonton Barang (Nobar) Peluncuran SATRIA-1 bersama 11 wilayah stasiun bumi, yakni Jakarta, Manado, Kupang, Kota Jayapura, Kabupaten Timika, Manokwari, Banjarmasin, Ambon, Tarakan , Pontianak dan Batam.

Di Kupang sendiri acara Nonton Bareng (Nobar) dipusatkan di Stasiun Bumi PT. SNT, Jl. Dusun III, Kelurahan Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang,
Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Freeport Indonesia, Posisi Business Process, Smelting & Refinery - HSE Instructor

Tepat pukul 05:30 WITA para tamu undangan telah hadir di lokasi nobar

Para tamu undangan terlihat antusias hadir memenuhi lokasi nobar sejak pukul 05.30 WITA.

Di dalam tenda putih berukuran 6×12 meter yang disediakan panitia tampak para tamu undangan antusias melihat Roket setinggi 70 meter itu mulai mengeluarkan api dan terbang melesat menuju luar angkasa.

Gemuruh lepasnya roket di disambut tepuk tangan menggema di saat roket Falcon 9 yang membawa satelit terbesar di Asia Tenggara itu lepas landas dengan lancar.

Untuk diketahui satelit SATRIA-1 dibawa roket Falcon 9 milik SpaceX. Falcon 9 adalah roket yang mendarat vertikal dan bisa dipakai ulang untuk misi selanjutnya.

Baca Juga:  Pemerintah Kabupaten Kupang Terus Berupaya Memberikan Bantuan Kepada Penyintas Korban Seroja

Berdasarkan pantauan media Kupang Berita.com, tahap pertama peluncuran SATRIA-1 berjalan lancar hingga pendorong pertama yakni roket Falcon 9 melepaskan diri dan mendarat sempurna di Bumi.

Kemudian roket bagian satu dari Falcon 9 lepas dan roket kedua melanjutkan misi tugasnya.

Pada tahap kedua Satelit SATRIA-1 melanjutkan perjalanan sambil dibawa pendorong kedua dalam waktu 27 menit tiba di garis orbit yang sudah ditetapkan pada posisi 146 derajat bujur timur.

Satelit SATRIA -1, merupakan satelit multifungsi milik pemerintah RI. Satelit ini akan menjadi satelit terbesar di Asia dan nomor lima di dunia dari sisi kapasitas, untuk kelas di atas
100Gbps.


Powered By NusaCloudHost