Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bupati Kupang Secara Resmi Buka Workshop BPKP NTT Tentang Pengelolaan Keuangan Desa 

Avatar photo
Foto. Bupati Kupang Secara Resmi Buka Workshop BPKP NTT Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.
Foto. Bupati Kupang Secara Resmi Buka Workshop BPKP NTT Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Kupangberita.com, — Bupati Kupang, Korinus Masneno, membuka kegiatan workshop yang diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan NTT, tentang Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2023, Kamis, (13/04) di Aula Kantor Bupati Kupang.

Bupati Kupang dalam sambutannya mengatakan, kegiatan hari ini merupakan kegiatan yang sangat strategis dan penting dalam rangka meningkatkan kapasitas dan penyelarasan pemahaman antara pemangku kebijakan, stakeholders dan pemerintah desa, khususnya terkait pengawasan penggunaan dana desa guna mewujudkan tata kelola keuangan desa yang lebih transparan, akuntabel, efektif, efisien serta tertib dan disiplin anggaran, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Bupati yakin apabila pengelolaan keuangan desa dapat dilakukan secara baik dengan memperhatikan prinsip-prinsip tersebut, pastilah 160 desa di 24 Kecamatan se-Kabupaten Kupang dapat menjadi desa yang unggul, mandiri dan sejahtera dalam segala bidang, dengan berbasis pada pemberdayaan masyarakat desa sebagai subjek pembangunan daerah.

Untuk Kepala Desa, Bupati tegaskan agar dapat menggunakan anggaran desa secara baik dan bertanggungjawab.

Setiap desa harus siap mengelola dana desa yang besar dan harus mampu meminimalisir bahkan menghindari timbulnya konflik kepentingan dan permasalahan dalam pengelolaannya.

Baca Juga:  Kunjungi Seminari Claret Matani Penfui, Bupati Kupang Mohon Pamit di Depan Para Imam dan Frater

“Worksop ini kiranya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh seluruh Kades dan Camat untuk dapat berdiskusi dan berkonsultasi, memberikan saran pendapat dan memperoleh solusi terbaik dalam praktek pengelolaan dana desa dari narasumber,”pesan Masneno.

Sementara Kepala Perwakilan BPKP NTT, Sofyan Antonius selaku narasumber akan menyampaikan materi pengawalan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa dalam rangka peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi desa.

Ia terangkan dalam tugasnya, BPKP selalu melakukan pengawasan serta pendampingan dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan desa.


Powered By NusaCloudHost