Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Lewat Buku “Falsafah Hidup Viktor B. Laiskodat” Kita Lebih Mengenal Karakternya

Avatar photo
Foto. Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef Adreanus Nae Soi, saat memberi sambutan dan meluncurkan dengan resmi Buku "Falsafah Hidup Viktor B. Laiskodat".
Foto. Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef Adreanus Nae Soi, saat memberi sambutan dan meluncurkan dengan resmi Buku "Falsafah Hidup Viktor B. Laiskodat".

Kupangberita.com, — Perjuangan Gubenur NTT, Viktor B. Laiskodat untuk membangun NTT kearah yang lebih baik, merupakan hal yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, masyarakat NTT dan masyarakat pada umum lainya perlu mengenal sikap dan karakter dari sosok gubenur VBL yang keras dan tak kenal kompromi.

Untuk mengenal putra daerah asal Semau, Kabupaten Kupang, maka Pius Rengka, Staf Khusus Gubernur NTT Bidang Komunikasi Publik dan juga seorang wartawan senior NTT, menulis sebuah buku yang berjudul ” Falsafah Hidup Victor B. Laiskodat.”

Buku tersebut diluncurkan oleh Wakil Gubernur NTT, Josef A Nae Soi, Selasa (21/02) yang dihadiri oleh sejumlah pejabat birokrat NTT, Penjabat Wali Kota Kupang dan sejumlah insan pers cetak dan online.

Pius Rengka, Penulis buku “Falsafah Hidup Viktor B. Laiskodat mengisahkan, hampir setiap hari selalu bersama Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.

Dalam kebersamaan itu , dirinya banyak dapatkan inspirasi dan makna yang sangat dalam pada setiap ucapan yang disampaikan VBL dimana pengakuan dan ungkapan tersebut mengandung muatan filosofis dan makna teologis yang tinggi.

“Saat itu saya berpikir apa makna dari ucapan-ucapan tersebut. Dasar inilah yang menjadi spiritualitas dasar kepemimpinan beliau, sehingga saya menuangkan berbagai ucapan filosofi Gubernur Viktor B. Laiskodat dalam sebuah buku.

Baca Juga:  Maju Lagi Mantan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe Daftar Cabup ke Demokrat

Sebelum saya menulis saya membentuk tim dengan editor Romo Dr. Okto Naif, dimana buku ini terdapat 10 bab dan masih ada 2 buku yang nantinya akan saya terbitkan, tentang sosok kepemimpinan dari Viktor Bungtilu Laiskodat, Gubernur NTT,” kisah Pius Rengka yang juga adalah mantan Anggota DPRD Provinsi NTT dengan wajah gembira.

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef Adreanus Nae Soi, saat memberi sambutan dan meluncurkan dengan resmi Buku “Falsafah Hidup Viktor B. Laiskodat” mengatakan sosok Viktor B. Laiskodat dengan segudang ide dan gagasan yang sangat luar biasa, membuat saya bangga bisa mendampingi beliau untuk bisa berkarya memajukan NTT.

Ia tidak hanya memiliki watak yang keras, tetapi juga selalu tegas dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi.

“Jangan hanya lihat orangnya marah-marah, tetapi dibalik semuanya itu, ia seorang pemimpin yang memiliki ide dan gagasan yang sangat besar untuk kemajuan daerah ini dan berjuang untuk mensejahterakan masyarakat NTT,” ungkap Nae Soi.

“Kur Hut Kusumu, mengapa kita ada di sini, ini adalah sebuah pertanyaan dalam Bahasa Latin, yang punya makna mendalam untuk kita berefleksi tentang Filsafat.

Karena ada sesuatu ataupun seseorang yang begitu menarik, makanya kita semua bisa ada di tempat ini.

Baca Juga:  Hadapi Pemilukada 2024, Si Petarung Sejati Yosef Lede, Daftar di 2 Partai Politik

Tidak berkelebihan apabila kita menulis tentang falsafah pendapat, gagasan, dan sikap batin dari seseorang.

Oleh sebab itu, kalau tidak ada sosok VBL, maka kita tidak mungkin ada disini.

Kita semua yang hadir disini, tentu mengenal dengan akrab sosok Gubernur Viktor B. Laiskodat, karena ia memiliki falsafah hidup yang unik dengan karakter tegasnya.

Oleh sebab itu, ia pantas untuk ditulis tentang kepribadiannya dengan sikap batinnya sebagai seorang pemimpin visioner dan inspiratif, yang hampir semuanya tertuang dalam buku Falsafah Hidup Viktor Bungtilu Laiskodat ini,” jelas Wagub JNS.

“Kata-kata akan hilang lenyap, tetapi tulisan akan tetap abadi (Verba Valent Scripta Manent). Itu berarti bahwa saat membaca tulisan dalam bentuk narasi literatur yang tertuang dalam sebuah buku, maka pasti kita akan menjadi tahu.

Oleh sebab itu, Pemerintah NTT sangat menghargai setiap ide, pendapat, dan gagasan yang luar biasa dari siapa saja termasuk dari seorang Viktor B. Laiskodat dengan falsafah hidupnya yang luar biasa yang bisa mengantarkan ia dapat menjadi Gubernur NTT, dalam karya literasi luar biasa dari seorang penulis kawakan Pius Rengka.


Powered By NusaCloudHost