Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Proyek Pekerjaan Jalan Tarus – Baumata Disosialisasikan, Warga Manumuti Protes

Avatar photo
Foto. Proyek Jalan Tarus - Baumata Disosilisasikan.
Foto. Proyek Jalan Tarus - Baumata Disosilisasikan.

Kupangberita.com —- Proyek pekerjaan jalan yang menghubungkan wilayah Kelurahan Tarus dan Kecamatan Taebenu akhirnya diperbaiki. Perbaikan jalan Swadaya Tarus – Baumata dengan nilai anggaran Rp 6,2 miliar, itu disosialisasikan ke masyarakat sehingga mereka bisa mengetahui proyek infrastruktur tersebut.

Sosialisasi dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kupang Bidang Bina Marga oleh Fungsional Muda jalan dan jembatan
Marianus Talo Mau, SST., MT., Selasa (28/06/2022) di Aula Kantor Lurah Tarus mengatakan Perbaikan jalan Tarus – Baumata, akan ditingkatkan dari lapen ke Hotmix dan untuk bahu jalannya akan menggunakan cor beton. Dengan pagu anggaran Rp. 6,2 miliar.

“Perkejaan badan jalan sepanjang 3. 600 KM akan mengunakan hotmix, sedangkan bahu jalan mengunakan cor beton. Lebar jalan 4, 5 Meter ditambah bahu jalan 1,25 meter.

Selain perkejaan utama jalan juga akan dibangun fasilitas pendukung seperti drainase dan tembok penahan,” ujar Talo Mau.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan sumber anggaran dari DAK Pusat yang mana punya aturan yakni akses jalan harus dekat pada akses fasiltas umum dan akses menuju tempat wisata.

“Memang nama jalan Tarus – Baumata tapi titik nol pekerjaannya dari Baumata karena jalan dekat ke akses bandara El Tari dan wisata Baumata,”terangnya.

Mau Talo, juga meminta kepada pemenang tender CV. Empat Romeo dan Konsultan pengawas agar selalu memperhatikan kepentingan masyarakat, terutamanya penerima manfaat. Agar nantinya masyarakat di sana tidak dirugikan, karena ini merupakan akses untuk keluar masuknya kegiatan masyarakat.

Masyarakat juga diminta untuk turut serta berpartisipasi baik dalam mengawasi ataupun memelihara jalan yang di maksud.

“Agar nanti bisa awet dan bisa berfungsi sesuai dengan fungsinya sebagai jalan utama. Jadi perlu peran serta masyarakat untuk mengawasi ,” harapnya.

Warga Manumuti Tarus Layangkan Protes

InShot 20220628 213959426

Warga Kelurahan Tarus layangkan protes dalam sosialisasi lantaran nomenklatur pekerjaan jalan tertulis Tarus – Baumata tapi pekerjaan jalannya dimulai dari Baumata.

“Kalau volume pekerjaan 3.600 Kilo Meter maka pekerjaan tersebut tidak sampai ruas jalan utama Jalan Timor Raya.

Dari volume tersebut terjadi kekurangan, kurang lebih 600 meter baru titit simpulnya sampai jalan Timor Raya.

Sementara titik rusak paling parah pada kekurangan volume tersebut. Kalau kerjanya dari Baumata sebaiknya kita tutup jalan saja,”ujar Yakobus Ndun Warga RT 10 Kelurahan Tarus.


Powered By NusaCloudHost