Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bupati Masneno Buka Kegiatan Talkshow dan Pelatihan Kepenulisan di Kabupaten Kupang

Avatar photo
IMG 20220408 WA0024 e1649421099915

Kupangberita.com — Bupati Kupang Korinus Masneno bersama duta baca Indonesia secara resmi membuka kegiatan talkshow dan Pelatihan Kepenulisan di Kabupaten Kupang dengan tajuk “Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat”. Di aula Bupati Kupang Jumat (08/04/2022).

Didampingi, Duta Baca Indonesia Heri Hendrayana Haris alias Gol A Gong, Bunda Baca NTT Ny. Julie Sutrisno Laiskodat, Ketua PKK kab. Kupang Ny. Damaris Masneno-Mooy, Ketua DWP Kab. Kupang Rutchek Laha-Dethan, Para Staf Ahli Bupati, Asisten Administrasi Umum Novita D. E. Foenay, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Prop. NTT Stefanus I Ratoe Oedjoe, Duta Baca NTT Polikarpus Do, Para Pimpinan OPD terkait salah satunya Kadis Kearsipan dan Perpustakaan kab. Kupang Kain Maus, para peserta pelatihan dan awak Media.

TalkShow dan Pelatihan Kepenulisan
ini merupakan implementasi dari inovasi Perpustakaan Nasional RI dan Duta Baca Indonesia untuk menjangkau pelayanan ke semua kalangan dalam membangun literasi, tak berbatas oleh jarak tak berhitung oleh waktu.

Menghadirkan Heri Hendrayana Haris alias Gol A Gong, adalah salah satu cara Perpustakaan Nasional RI melalui Duta Baca Indonesia untuk menjemput dan
mendidik/melatih generasi emas agar kelak menjadi generasi literasi yang mendunia.

Baca Juga:  Jelang Libur Paskah dan Idul Fitri, Bupati Kupang Pantau Ketersedian Pangan di Pasar Oesao

Pustakawan Ahli Utama, Perpustakaan Nasional RI, Nelwaty dalam sambutannya mewakili Kepala Perpustakaan Nasional RI mengucapkan terima kasih kepada peserta yang hadir, karena ini merupakan bukti apresiasi masyarakat yang sangat tinggi terhadap Duta Baca Indonesia dan dunia Literasi.

Nelwaty juga menyatakan bahwa layanan perpustakaan saat ini tidak hanya menyediakan kebutuhan pengguna dalam bentuk koleksi berupa koleksi konvensional.

Perkembangan dunia digital menuntut perpustakaan untuk mampu menyediakan sumber daya berbasis elektronik.

“E-resources merupakan salah satu komponen penting pada pelayanan perpustakaan perguruan tinggi sebagai penyedia media komunikasi ilmiah dalam dunia pendidikan dan penelitian.

Keberadaannya sangat dibutuhkan bagi banyak kalangan, terutama di era saat ini dengan karakteristik pengguna berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK),” ujarnya.

“Kehadiran seorang Duta Baca Indonesia ditengah-tengah masyarakat akan menjadi pengungkit dan pendorong kebiasaan masyarakat Indonesia untuk berbudaya gemar membaca dan menulis.

Selain itu peran bunda literasi, bunda
baca, pegiat literasi dan library supporter lainnya pada masing-masing wilayah dapat menjadi energy yang sungguh luar biasa dengan bersinerginya mereka dengan masyarakat dalam menggelorakan gemar membaca sedini mungkin dan dimulai dari keluarga”, ujar Nelwaty.

Baca Juga:  Mese Ataupah Daftar di Partai Demokrat, Paket Korsa ke Gerindra

Menutup sambutannya, beliau berharap agar kegiatan TalkShow serta pelatihan menulis ini dapat menghasilkan keberanian penulis-penulis pemula dari NTT untuk menghasilkan karya buku baru, kegiatan ini bukan semata-mata seremonial tetapi akan terus berlanjut berkesinambungan.

Lebih lanjut, Bupati Kupang dalam sambutannya juga mengatakan, atas nama Pemkab dan masyarakat kabupaten Kupang, Korinus Masneno mengucapkan selamat datang kepada Bapak Herry dan para narasumber atas kunjungannya ke kabupaten Kupang yang merupakan salah satu kabupaten dari 33 kab/kota yang dikunjungi di tahun 2022 ini.

Beliau juga berterimakasih atas kepedulian dan partisipasinya dalam memajukan kemampuan literasi di kabupaten Kupang.

Banyak kisah inspiratif dari Duta Baca Indonesia yang bisa dibagi kepada para peserta pelatihan dan bagi Pemkab Kupang.

Bagi Masneno, salah satu modal penting agar bisa bertahan dalam perubahan dunia saat ini adalah kemampuan literasi.


Powered By NusaCloudHost