Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Upaya Penurunan Stunting di Kabupaten Kupang, Dompet Duafa NTT Gelar Lokakarya Lintas Sektor

Avatar photo
Foto. Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe buka kegiatan Lokakarya Penanganan Stunting di Kabupaten Kupang.
Foto. Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe buka kegiatan Lokakarya Penanganan Stunting di Kabupaten Kupang.

Kupangberita.com– Dalam rangka upaya percepatan penurunan stunting di wilayah kabupaten kupang, Layanan Kesehatan Cuma – Cuma Dompet Dhuafa NTT gelar lokakarya lintas sektor.

Kegiatan lokakarya lintas sektor bertajuk ” Sinergi Percepatan penurunan stunting dan pencapaian ODF ( Open Difectie Free) Layanan Kesehatan Cuma – Cuma Dompet Dhuafa NTT dibuka oleh wakil bupati kupang Jerry Manafe, Kamis ( 03/02).

Jerry Manafe dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada Dinas kesehatan, DP2KBP3A dan Dompet Dhuafa terkhusus masalah stunting yang makin menurun walaupun belum mencapai target yang diharapkan.

“Perlu adanya kerjasama agar apa yang ditargetkan oleh Propinsi hingga Pusat bisa mencapai titik stunting yang ditentukan,” ujar Jerry.

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Freeport Indonesia, Posisi Business Process, Smelting & Refinery - HSE Instructor

Manafe berharap adanya kemajuan dari kabupaten Kupang untuk persoalan stunting, yang mana dengan kolaborasi dan kerjasama yang baik stunting bisa menurun hingga 14 %. Stunting bukan hanya bermasalah pada kesehatan melainkan pada pola hidup.

“Tidak hanya itu, Manafe menegaskan agar kabupaten Kupang jangan menggunakan ego sektor yang hanya melimpahkan tugasnya pada DP2KBP3A saja melainkan harus ada penanganan serius dari dinas-dinas terkait.

Juga dalam pelaksanaan stunting, perlu adanya kerja sama dengan PMD karena adanya dana desa yang diwajibkan untuk 3 nakes baik itu perawat, bidan dan tenaga gizi, dimana PMD wajib memberi laporan untuk dipaparkan dalam evaluasi,”harap Wabub.

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Freeport Indonesia, Posisi Business Process, Smelting & Refinery - HSE Instructor

Jerry Manafe juga mengingatkan kepada Tim Dompet Dhuafa dan Kepala DP2KBP3A harus sepakat untuk melakukan rapat evaluasi tentang anggaran dan program masing-masing maksimal 1 atau 2 bulan sekali.

Sehingga dinas terkait bisa mempresentasikan program yang sudah dirasakan masyarakat.

Dijelaskan Jerry, pada tahun 2019 ada pembangunan jamban sehat tapi hal ini harus ada evaluasi dari dinas terkait dan para kades tentang seperti apa jamban sehat itu dan manfaatnya bagi masyarakat.


Powered By NusaCloudHost