Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Sekda Obet Laha, Buka Musrenbang RKPD Tahun 2022 Tingkat Kecamatan

Avatar photo
Foto. Pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Kupang Tahun 2022 Tingkat Kecamatan.
Foto. Pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Kupang Tahun 2022 Tingkat Kecamatan.

Kupangberita.com — Musyawarah rencana pembangunan (Murenbang) RKPD tahun 2022, tingkat kecamatan resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang Obet Laha mewakili Bupati Kupang Korinus Masneno Selasa (22/02) berlangsung secara virtual di ruang rapat bupati kupang.

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua DPRD Kabupaten Kupang Daniel Taimenas, Wakil Ketua DPRD I Sofia Malelak- De Haan, Wakil Ketua DPRD II Yohanis Mase, para Staf Ahli Bupati Kupang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Kupang Mesak S. Elfeto, para Pimpinan OPD dan para Camat lingkup Kab. Kupang.

Musrenbang Kecamatan harus dipahami sebagai wahana pemberian input dan pengambilan keputusan pembangunan dengan pendekatan Bottom-Up, dimana kebutuhan dan aspirasi masyarakat dijaring kemudian secara bersama-sama menentukan skala prioritas.

Mekanisme secara esensial berfungsi sebagai kompas dalam pemberian arah kebijakan yang tepat untuk mencapai tujuan pembangunan, khususnya dalam satu tahun ke depan.

Baca Juga:  Kabar Baik! Tahun 2024, Pemerintah Kota Kupang Akan Menerima CPNS dan PPPK, Cek Jumlah Kuotanya

Ketua DPRD kab. Kupang Daniel Taimenas dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan Musrenbang tahun 2022 ini memiliki peran dan poin strategis dalam penyampaian dokumen hasil penilaian pokok pikiran DPRD yang merupakan daftar permasalahan berupa saran dan pendapat yang di dasarkan pada hasil penyerapan aspirasi melalui reses, dengar pendapat dengan mitra kerja OPD dan kunjungan kerja serta telah disinkronkan dengan prioritas pembangunan.

Taimenas merasa perlu adanya koordinasi, integrasi dan sinkronisasi antara pelaku pembangunan, baik itu pemerintah, swasta dan masyarakat di Kabupaten Kupang sehingga bisa mewujudkan visi “Kupang Maju, Mandiri dan Sejahtera” secara berkelanjutan, terpadu dan terarah.

Dalam pemaparannya, Taimenas memohon maaf kepada pihak Pemkab Kupang, dimana Kabupaten Kupang dalam beberapa tahun ini mendapat predikat WDP yang merupakan masalah yang harus diselesaikan bersama.

Baca Juga:  Ini Pesan Kapolres Kupang Saat Pimpin Upacara Gelar Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2024

Ada juga beberapa persoalan yang dihadapi di Kabupaten Kupang, yaitu persoalan Covid-19, persoalan ekonomi masyarakat serta masalah kelangkaan pupuk di Kabupaten Kupang.

Semoga apa yang dikeluhkan masyarakat bisa diselesaikan dengan baik, agar Program Revolusi 5P bisa diwujudkan.

Tidak hanya itu, Ketua DPRD Kabupaten Kupang ini juga mengucapkan selamat melaksanakan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan tahun 2022 sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh BP4D Kabupaten Kupang.

Lebih lanjut, Sekda Obet Laha menjelaskan, Musrenbang yang kita laksanakan setiap tahun bukan sebagai rutinitas atau hanya untuk memenuhi tuntutan peraturan perundang-undangan, namun haruslah dipahami sebagai sebuah kesadaran kolektif dari semua yang terlibat secara partisipatif dan kolaboratif dalam proses penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Kupang.


Powered By NusaCloudHost