Menu

Mode Gelap

Berita · 15 Feb 2022 05:53 WITA ·

Hanya, 2 Puskesmas di Kabupaten Kupang yang Berhasil Bayar Insentif Kader Posyandu


					Foto. Rapat bersama  Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang dr. Robert Amaheka, para Kepala Puskesmas, Kader Posyandu dan Bendahara BOK. Perbesar

Foto. Rapat bersama Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang dr. Robert Amaheka, para Kepala Puskesmas, Kader Posyandu dan Bendahara BOK.

Kupangberita.com —Pengelolaan dana BOK Tahun anggaran 2021 dari 26 Puskesmas di kabupaten kupang hanya dua puskesmas yang berhasil membayar insentif kader posyandu

Dua puskesmas tersebut yakni puskesmas
Baun Kecamatan Amarasi Barat dan Uitao Kecamatan Semau . Hal ini diketahui saat dilakukannya rapat bersama Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang dr. Robert Amaheka dan seluruh Kepala Puskesmas, Kader Posyandu, Bendahara BOK, Senin (14/02/2022) di aula kantor bupati kupang.

Di dalam rapat tersebut Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, mengatakan insentif Kader Posyandu yang belum dibayar merupakan kesengajaan untuk menyusahkan banyak orang.

“Kader Posyandu adalah relawan yang rela meluangkan waktu, pikiran dan tenaga bahkan meninggalkan keluarga demi pekerjaan mulia membantu Dinas Kesehatan.

Baca Juga:  Angka Capaian Herd Immunity di Kabupaten Kupang Masih Rendah

Oleh karena Para Kepala puskesmas dituntut untuk lebih serius dalam menangani laporan keuangan,”ujar Jerry Manafe

Jerry Manafe menyoroti lebih khusus kepada dua Puskesmas yang berhasil membayar insentif kader posyandu 100 persen yaitu Puskesmas Baun dan Uitao.

“Sebenarnya ini merupakan persoalan normatif, apa kendalanya hingga Kapus lain tidak bisa seperti Kapus Baun dan Uitao,” tambah wakil bupati kupang ini.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang dr. Robert Amaheka menuturkan, masalah ini harus diselesaikan agar tidak menjadi krisis.

Jangan malu bertanya apalagi sampai malu untuk belajar. Dengan kejadian ini, mengajarkan kita kenapa yang lain bisa dan yang lain tidak bisa.

Baca Juga:  Masyarakat Amfoang Utara, Hibahkan Tanah Untuk Bangun RS Pratama

“Segera Selesaikan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) dan identifikasi semua kader yang belum terbayarkan dan dipotong untuk dibayarkan otomatis,” ujar Robert.

Robert Amaheka melanjutkan Insentif Kader Posyandu di Kabupaten Kupang yang belum dibayar selama triwulan III dan IV tahun 2021 segera akan dibayarkan pada akhir triwulan I bulan Maret tahun 2022.

“Kurang lebih 800 orang kader Posyandu di Kabupaten Kupang hingga tahun 2022 ini belum menerima insentif 6 sampai 9 bulan.

Masalah insentif Kader Posyandu ini merupakan masalah kecil dan segera akan diselesaikan pada akhir triwulan I tahun 2022,” ujarnya.

Ia memerintahkan kepada bagian keuangan dinas kesehatan untuk segera menyelesaikan laporan pertanggungjawaban serta indentifikasi semua kader Posyandu untuk segera dibayarkan insentifnya.

Baca Juga:  ​Anggota DPR ini, Bantu 1.500 Vial Vaksin Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang

Persoalan yang terjadi merupakan pembelajaran bagi semua Kepala Puskesmas di Kabupaten Kupang agar menyelesaikan laporan tepat waktu menyesuaikan dengan sistem keuangan yang baru.

Kapala Puskesmas Baun, Melton Pairikas menjelaskan, suksesnya pembayaran insentif kader di Puskesmas Baun ini dimulai dengan membangun hubungan yang baik dari para Kapus, Kader , Bendahara dan verifikator serta mengikuti semua persyaratan yang ada.

“Jika mau baik, kita harus bekerja ekstra dengan sistem yang sering berubah ini. Setiap petunjuk verifikator, langsung diperbaiki oleh bendahara puskesmas.

Lakukan yang baik sebagai acuan pelaksana teknis. Serta bangun komitmen bersama dan rasa kekeluargaan dalam puskesmas,” terang Melton.

( Makson Saubaki)

 

 

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 22 kali

Makson Saubaki badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polres Kupang Turunkan 46 Raiders Berlaga di Event Adventure Polres Belu

25 Juni 2022 - 21:34 WITA

Foto. Kaolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto S.I.K M.H, menurunkan 46 raiders berlaga di event adventure Polres Belu.( Foto Humas Polres Kupang).

Peserta Delegasi Rakerwil APEKSI Puji Pembagunan SPAM Kali Dendeng

24 Juni 2022 - 22:52 WITA

Viral, Seorang Pria Afghanistan Naik ke Puncak Jembatan Liliba

24 Juni 2022 - 22:21 WITA

Wakil Bupati Kupang Secara Resmi Buka Rapat Kerja GKII Wilayah Bali Nusra

24 Juni 2022 - 19:44 WITA

Foto. Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, memukul gong tanda dibukanya rapat GKII Wilayah Bali Nusra di GKII Jemaat Benohonis Oelbima, Desa Oebola.

Peran Pemkab Kupang dan Dekranasda NTT Dalam Mengembangkan UMKM Pasca Pandemi

23 Juni 2022 - 22:43 WITA

Foto. Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dan Ketua Dekranasda NTT Ny. Julie Sutrisno Laiskodat.

Bupati Kupang Hadiri Ulang Tahun Ke 72 Gereja Paroki St.Yohanes Pemandi Buraen

23 Juni 2022 - 21:34 WITA

Trending di Berita