Menu

Mode Gelap

Bencana · 18 Jan 2022 10:56 WITA ·

BMKG Prediksi 18-20 Januari, Wilayah NTT Dilanda Hujan Lebat, Petir dan Angin Kencang


					Foto. BMKG waspadai hujan lebat, petir dan angin kencang. Perbesar

Foto. BMKG waspadai hujan lebat, petir dan angin kencang.

Kupangberita.com — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi El Tari Kupang mengumumkan prakiraan cuaca di wilayah NTT untuk tanggal 18-20 Januari 2022. Sebagian besar wilayah NTT dilanda hujan lebat.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat, yaitu di Manggarai, Manggarai Barat, sebagian Manggarai Timur, sebagian Ngada, sebagian Ende, sebagian Alor, sebagian Kabupaten Kupang, Sumba Barat, SBD, dan sebagian Sumba Tengah.

Untuk hujan sedang disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat berpotensi terjadi di Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Rote, Sabu, Sumba Timur, TTU, TTS, Belu, Malaka, sebagian Manggarai Timur, sebagian Ngada, sebagian Ende, Nagekeo, Sikka, Flores Timur, Lembata, sebagian Alor, dan di Sumba Tengah.

Pada tanggal 19 Januari, hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat berpotensi terjadi di Ende, Sika, Flores Timur, Lembata, Alor, Nagekeo, Manggarai Barat, Manggarai, sebagian Manggarai Timur, sebagian Ngada, sebagian Kabupaten Kupang, sebagian Belu dan sebagian Malaka.

Kemudian hujan sedang disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat terjadi di Kota Kupang, sebagian Kabupaten Kupang, TTU, TTS, sebagian Belu, sebagian Malaka, Rote, sebagian Sabu, sebagian Manggarai Timur, sebagian Ngada, sebagian Sumba Tengah, sebagian Sumba Timur, sebagian SBD, dan sebagian Sumba Barat.

Selanjutnya, pada 20 Januari, wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat yakni Flores Timur, Lembata, Alor, sebagian Sika, TTS, TTU, Belu, Malaka, Kabupaten Kupang dan Kota Kupang.

Akan terjadi hujan ringan hingga sedang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat berpotensi terjadi di Rote, Sabu, Sumba Timur, sebagian Sumba Tengah, Nagekeo, sebagian Sika, Ende, Ngada, sebagian Manggarai Barat, Manggarai, dan sebagian Manggarai Timur.

BMKG mengimbau agar masyarakat menghindari daerah rentan bencana seperti lembah sungai, lereng rawan longsor, pohon yang mudah tumbang dan sebagainya.

“Waspadai potensi dampak banjir, tanah longsor terutama di daerah rentan,” ujar BMKG dalam rilis yang ditandatangani Kepala Stasiun Metorologi El Tari, Agung Sudiono Abadi, S.Si.

( Makson Saubaki)

 

 

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 346 kali

Makson Saubaki badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Majelis Sinode GMIT Dukung Pemerintah Kota Kupang Lewat Program Pulih Bersama

19 Mei 2022 - 08:04 WITA

Foto. MS Sinode GMIT bersama Puskesma Kota Kupang lakukan vaksinasi Covid-19, di Gereja GMIT Laheroi Namosain.

DPC PDIP Kabupaten Kupang Gelar Bazar Minyak Goreng Murah Rp 14.000 Untuk Masyarakat Umum

18 Mei 2022 - 22:45 WITA

Foto. DPC PDIP Kabupaten Kupang Gelar Bazar Minyak Goreng Murah.

Terkait Pembagunan Peternakan Ayam di Oesao, Masyarakat Layangkan Surat Terbuka untuk Bupati

18 Mei 2022 - 21:56 WITA

Warga Kabupaten Kupang, Nilai ULP PLN Oesao Abaikan Keluhannya

18 Mei 2022 - 20:26 WITA

Foto. Pemilik Meteran Bugi Brianto.

Fantastis! 7.207 Anak di Kabupaten Kupang Alami Stunting

18 Mei 2022 - 19:02 WITA

Foto. dr. Chindy R.Tefa.

Perkuat Integritas Parpol, KPK Gelar Program Politik Cerdas Berintegritas

18 Mei 2022 - 12:36 WITA

Trending di Berita