Menu

Mode Gelap

Berita · 20 Des 2021 00:17 WITA ·

Taklukan Malaysia 4-1, Indonesia Lolos Semifinal AFF 2020


					Foto. Timnas Indonesia VS Malaysia piala AFF 2020. Perbesar

Foto. Timnas Indonesia VS Malaysia piala AFF 2020.

Kupangberita.com — Tim nasional ( Timnas) Idonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 sebagai juara Grup B setelah menaklukan Malaysia dengan skor 4-1 dalam laga pamungkas fase grup di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12) malam.

Indonesia akan melawan tim peringkat kedua Grup A, Singapura di semifina. Capaian hasil prestasi di Piala AFF 2020 ini sekaligus memperbaiki pencapaian saat Piala AFF 2018 lalu di mana Indonesia gagal melaju dari penyisihan grup.

Gol Indonesia diciptakan oleh Irfan Jaya 2 gol, Pratama Arhan dan Elkan Baggott. Sementara Malaysia membuat skor via Kogileswaran Raj 1 gol.

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menginstruksikan anak-anak asuhnya untuk tampil menyerang dan menekan Malaysia mulai dari semenjak menit pertama.

Dengan mengandalkan scuat pemain penyerang seperti Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya dan Ezra Walian, Indonesia tampil memukau membuat Malaysia kesulitan pada 10 menit awal.

Bek Pratama Arhan bahkan sudah membuat percobaan ke gawang pada menit kedua.

Akibat kesalahan umpan dari Irfan Jaya. Kogileswaran Raj memanfaatkan kesempatan dari luar kotak pinalti pada menit ke -13 Malaysia unggul 1- 0 lebih dulu.

Tertinggal satu gol, Indonesia yang membutuhkan setidak-tidaknya hasil imbang untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020 terus menggempur pertahanan Malaysia.

Di menit ke-36, Irfan Jaya membayar kesalahan yang dibuatnya dengan melesakkan gol setelah mendapat operan tarik dari Witan Sulaeman.

Bola liar disambar Irfan menambah skor bagi Tim Nas Indonesia. Gol ini berawal dari pergerakan Pratama Arhan di dalam kotak penalti Malaysia. Arhan mengirimkan umpan ke depan gawang, membentur pemain Malaysia.

Tak ada lagi gol yang tercipta setelahnya. Skor 2-1 untuk keunggulan Indonesia bertahan sampai turun minum.

Usai turun minum, Shin Tae-yong memasukkan Elkan Baggott untuk menggantikan Ramai Rumakiek. Evan Dimas dan Kushedya Yudo juga beranjak dari bangku cadangan.

Lima menit setelah babak kedua dimulai, Pratama Arhan membuat gol perdananya di Piala AFF 2020 dengan sepakan keras kaki kiri dari luar kotak penalti. Arhan menembak usai mendapatkan operan dari Irfan Jaya.

Indonesia kemudian mengubah skor menjadi 4-1 berkat sundulan Elkan Baggott yang meneruskan tendangan pojok Evan Dimas. Itu merupakan gol pertama Elkan untuk timnas Indonesia.

Situasi tak berubah sampai laga tuntas. Indonesia menang dengan skor 4-1.

Dari laga Grup B lainnya, pada hari yang sama, Vietnam menundukkan Kamboja dengan skor 4-0. Hasil tersebut membuat Vietnam juga melangkah ke empat besar sebagai peringkat kedua Grup B dan nantinya akan melawan juara Grup A Thailand.

( Makson Saubaki)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Makson Saubaki badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Majelis Sinode GMIT Dukung Pemerintah Kota Kupang Lewat Program Pulih Bersama

19 Mei 2022 - 08:04 WITA

Foto. MS Sinode GMIT bersama Puskesma Kota Kupang lakukan vaksinasi Covid-19, di Gereja GMIT Laheroi Namosain.

DPC PDIP Kabupaten Kupang Gelar Bazar Minyak Goreng Murah Rp 14.000 Untuk Masyarakat Umum

18 Mei 2022 - 22:45 WITA

Foto. DPC PDIP Kabupaten Kupang Gelar Bazar Minyak Goreng Murah.

Terkait Pembagunan Peternakan Ayam di Oesao, Masyarakat Layangkan Surat Terbuka untuk Bupati

18 Mei 2022 - 21:56 WITA

Warga Kabupaten Kupang, Nilai ULP PLN Oesao Abaikan Keluhannya

18 Mei 2022 - 20:26 WITA

Foto. Pemilik Meteran Bugi Brianto.

Fantastis! 7.207 Anak di Kabupaten Kupang Alami Stunting

18 Mei 2022 - 19:02 WITA

Foto. dr. Chindy R.Tefa.

Perkuat Integritas Parpol, KPK Gelar Program Politik Cerdas Berintegritas

18 Mei 2022 - 12:36 WITA

Trending di Berita