Menu

Mode Gelap

Berita · 3 Des 2021 18:58 WITA ·

Bangun Budaya Maritim, Undana Luncurkan Kapal Pendidikan Perdana


					Foto. Universitas Nusa Cendana Kupang Luncurkan Kapal Pendidikan Perdana. Perbesar

Foto. Universitas Nusa Cendana Kupang Luncurkan Kapal Pendidikan Perdana.

Kupangberita.com — Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang akhirnya miliki kapal pendidikan. Kapal itu pertama kalinya dimiliki Undana yang diluncurkan oleh Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Undana dengan tujuan untuk mendukung penyelenggaraan Tridharma Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam bidang Kelautan dan Perikanan.

Rektor Undana Prof Fredrik Benu saat peluncuran kapal Undana di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Jumat (3/12) mengatakan Kapal itu disiapkan oleh Undana bagi mahasiswa FKP untuk mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM).

Menurut Fred bagaimanapun mahasiswa tidak hanya belajar diruangan namun langsung praktek dilapangan.

“Kapal itu tidak hanya digunakan mahasiswa untuk praktek namun juga dapat digunakan untuk penelitian oleh para Dosen guna mengembangkan potensi kelautan NTT,” ujar Fred Benu.

Dirinya berharap agar kapal itu dapat dijaga sehingga dapat bermanfaat dalam jangka waktu yang panjang.

Dia juga meminta Rektor Undana terpilih Dr Max Sanam dapat mengembangkan program itu. Mungkin akan ditambah kapal, atau alat pancing dan fasilitas lainnya lagi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan sekaligus  Rektor terpilih Undana Dr. drh. Max Sanam mengatakan peluncuran kapal itu guna mendukung visi misi Undana.

Menurut dia peluncuran kapal itu guna tidak hanya berkecimpung dilahan kering namun juga dapat mengembangkan sayap ke perairan.

Dia menjelaskan kapal itu ada sebagai media belajar dan juga akan mendukung kepariwisataan. Dia meminta agar ada desain program apa yang akan dilakukan kedepan.

Selain juga dia berkomitmen kedepan akan menambah kapal itu sehingga tidak hanya menjadi satu namun menjadi banyak sebagai bentuk mendukung pengembangan potensi laut melalui riset.

Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Nusa Cendana Dr. Tian Liufeto mengatakan kehadiran Kapal Kelautan dan Perikanan Undana ini akan dimanfaatkan untuk mendukung pelaksanaan PBM, Penelitian dan Pengabdian pada program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan dan Budidaya Perairan.

Saat ini mahasiswa dan dosen diamanahkan menjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam bidang Kelautan Perikanan dan Kapal ini akan dimanfaatkan dengan baik untuk survey potensi sumberdaya ikan, kajian dan praktek bioekologi dan pendugaan stok sumberdaya perikanan.

Lanjut Liufeto diluncurkan untuk praktek dan survey kelayakan lokasi untuk pengembangan budidaya komoditas ekonomis penting.

Pendataan dan rencana pengelolaan sumberdaya perikanan bahkan akan dimanfaatkan untuk melakukan pengelolaan dan pengembangan ekowisata bahari yang didasarkan pada data hasil penelitian mahasiswa dan dosen untuk edukasi kepada publik.

“Saya kira untuk maksud tersebut, Undana akan terus ada dan mengambil peran dalam upaya menciptakan budaya maritim dikalangan generasi muda pewaris  sumberdaya kalautan dan perikanan yang ada di NTT,” ujar Liufeto.

( Makson Saubaki)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 13 kali

Makson Saubaki badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Majelis Sinode GMIT Dukung Pemerintah Kota Kupang Lewat Program Pulih Bersama

19 Mei 2022 - 08:04 WITA

Foto. MS Sinode GMIT bersama Puskesma Kota Kupang lakukan vaksinasi Covid-19, di Gereja GMIT Laheroi Namosain.

DPC PDIP Kabupaten Kupang Gelar Bazar Minyak Goreng Murah Rp 14.000 Untuk Masyarakat Umum

18 Mei 2022 - 22:45 WITA

Foto. DPC PDIP Kabupaten Kupang Gelar Bazar Minyak Goreng Murah.

Terkait Pembagunan Peternakan Ayam di Oesao, Masyarakat Layangkan Surat Terbuka untuk Bupati

18 Mei 2022 - 21:56 WITA

Warga Kabupaten Kupang, Nilai ULP PLN Oesao Abaikan Keluhannya

18 Mei 2022 - 20:26 WITA

Foto. Pemilik Meteran Bugi Brianto.

Fantastis! 7.207 Anak di Kabupaten Kupang Alami Stunting

18 Mei 2022 - 19:02 WITA

Foto. dr. Chindy R.Tefa.

Perkuat Integritas Parpol, KPK Gelar Program Politik Cerdas Berintegritas

18 Mei 2022 - 12:36 WITA

Trending di Berita