Menu

Mode Gelap

Berita · 11 Sep 2021 22:24 WITA ·

Jerry Manafe : Pencegahan Stunting Harus Ada Kolaborasi Lintas Sektor


					Jerry Manafe : Pencegahan Stunting Harus Ada Kolaborasi Lintas Sektor Perbesar

Kupangberita.com Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe memimpin Sosialisasi Peraturan Bupati Kupang tentang Peran Desa dalam Intervensi Pencegahan dan Penanganan Stunting Terintegrasi di Kabupaten Kupang Tahun 2021. Kegiatan sosialisasi di ruang rapat Wakil Bupati Kupang Kamis, 9 September 2021.

Dihadiri oleh pimpinan OPD terkait termasuk di dalamnya Kadis Kesehatan Robert Amaheka, Kadis PMD Charles M. Panie dan Kadis DP2KBP3A Yesai Lanus.

Dalam kegiatan tersebut, Wabup Jerry menyampaikan arahannya tentang Peraturan Bupati Kupang Nomor 19 tentang perubahan atas Perbup Kupang No. 49 tahun 2019 mengenai percepatan pencegahan dan penurunan stunting.

Jerry Manafe mengatakan bahwa masalah stunting sudah ada sejak dulu, namun kita bersyukur karena Pemerintah Pusat sudah berpikir bagaimana tumbuh kembang anak-anak menjadi lebih baik.

Baca Juga:  Alasan Klasik, 11 Desa di Kabupaten Kupang Lambat Masukan LKP 2020

“Hari ini kita sosialisasikan Perbup yang sudah dibuat. Ada beberapa hal untuk menjadi perhatian, stunting tidak lagi dibawah DPA Dinkes melainkan sudah berada di DPA DP2KBP3A. Namun harus terus berkolaborasi kerja dengan dinas-dinas terkait dan bersinergi.

Stunting lebih bertumbuh di sekolah dan di rumah. Manafe juga menghimbau bagi Dinas terkait yang berperan penting seperti Dinas Pendidikan diminta agar terus memperhatikan persoalan ini apalagi dengan adanya sekolah on line, harus adanya pembagian vitamin dan konseling di sekolah – sekolah,”ujar Jerry Manafe.

Baca Juga:  Wabub Jerry Manafe Hadiri Pelepasan 38 Siswa SD Kristen Hosana

Selaku Ketua Pokja, Manafe menjelaskan bahwa dalam penanganan Stunting ini DP2KBP3A diminta harus proaktif dengan tim terkait. Tidak hanya itu, Beliau juga menerangkan bahwa sebenarnya pencegahan stunting tidak susah asalkan ada koordinasi dari setiap OPD terkait untuk disinkronkan agar tidak lagi meresahkan.

Semoga dengan adanya perbup ini bisa menjadi suatu dasar untuk kita agar bisa bekerja dengan baik dan stunting dengan target yang sudah kita bicarakan bisa tercapai hingga 2024 bisa turun menjadi 14 %’’,jelas  Manafe.

Lebih lanjut, Kadis Kesehatan menuturkan, walaupun dalam Peraturan Presiden ada pengalihan percepatan penurunan stunting dari Dinkes ke DP2KBP3A. Namun Dinkes tidak serta merta lepas tangan pada aksinya dalam tugas yang sudah ditetapkan.

Baca Juga:  Wabup Kupang Buka Kegiatan Sosialisasi Pendataan Kawasan Permukiman Kumuh

Kadis DP2KBP3A Yesai Lanus juga menjelaskan, sehubungan dengan Perpres nomor 72 Tahun 2021 tentang pengalihan dari Dinkes ke DP2KBP3A, ada kekuatiran karena dalam dinas kami ada pengurusan terkait urusan perempuan dan anak, KB dan stunting.

”Saya yakin , 14 % itu bisa dipenuhi. Selain pengalihan tanggung jawab ditentukan dengan SDM , semoga tenaga-tenaga handal dari Dinkes dapat memback up kami di,”ujar Yesai Lanus. ( protkol dan Komunikasi Pimpina Pembkab Kupang).

( Makson Saubaki)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 31 kali

Makson Saubaki badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polres Kupang Turunkan 46 Raiders Berlaga di Event Adventure Polres Belu

25 Juni 2022 - 21:34 WITA

Foto. Kaolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto S.I.K M.H, menurunkan 46 raiders berlaga di event adventure Polres Belu.( Foto Humas Polres Kupang).

Peserta Delegasi Rakerwil APEKSI Puji Pembagunan SPAM Kali Dendeng

24 Juni 2022 - 22:52 WITA

Viral, Seorang Pria Afghanistan Naik ke Puncak Jembatan Liliba

24 Juni 2022 - 22:21 WITA

Wakil Bupati Kupang Secara Resmi Buka Rapat Kerja GKII Wilayah Bali Nusra

24 Juni 2022 - 19:44 WITA

Foto. Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, memukul gong tanda dibukanya rapat GKII Wilayah Bali Nusra di GKII Jemaat Benohonis Oelbima, Desa Oebola.

Peran Pemkab Kupang dan Dekranasda NTT Dalam Mengembangkan UMKM Pasca Pandemi

23 Juni 2022 - 22:43 WITA

Foto. Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dan Ketua Dekranasda NTT Ny. Julie Sutrisno Laiskodat.

Bupati Kupang Hadiri Ulang Tahun Ke 72 Gereja Paroki St.Yohanes Pemandi Buraen

23 Juni 2022 - 21:34 WITA

Trending di Berita